Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keberagaman Budaya Kediri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sukoharjo
PDF

Keywords

Pendidikan Pancasila
Media pembelajaran
Kearifan local

How to Cite

Maratus Solikhah, A., & Nurmilawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keberagaman Budaya Kediri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sukoharjo . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 700–705. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5622

Abstract

Pendidikan Pancasila adalah mata pelajaran yang digunakan sebagai tempat untuk mengembangkan dan melestarikan nilai – nilai luhur dan moral yang telah melekat pada budaya bangsa Indonesia. Pendidikan Pancasila merupakan bidang studi yang mempelajari tentang peranan warga negara dalam kehidupan bernegara yang sesuai dengan ketentuan Pancasila dan UUD 1945, agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Keragaman budaya Indonesia sangat penting dipelajari bagi siswa agar siswa lebih memahami keberagaman budaya Indonesia, karena keragaman budaya Indonesia tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Kearifan lokal dapat diartikan sebagai budaya asli yang berkembang di sebuah daerah oleh masyarakat.  Akan tetapi guru belum menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukoharjo Kabupaten Kediri dengan melakukan penyebaran angket kepada guru dan siswa kelas 4 berjumlah 30 siswa, serta wawancara kepada guru kelas 4. Berdasarkan hasil angket tersebut dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran, sehingga pengembangan media pembelajaran video powtoon sangat efesien untuk dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran.

PDF

References

Gao, F. (2019). Pengaruh Gamifikasi terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Online. Jurnal Penelitian Komputasi Pendidikan, 56(3), 349-364.

Hwang, G.-J. (2019). Peran Pendidikan Sains Inkuiri dalam Mengembangkan Kreativitas dan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan dan Pertukaran Teknologi Pendidikan, 12(5), 1-16.

Indrayati, S. (2019). Keagamaan dan Kebudayaan dalam Adat Istimewa Kirab 1 Suro: Sebuah Analisis atas Simbolisme dan Makna dalam Festival ini. Journal of Cultural Studies, 11(2), 1-15.

Nurhayati, S. (2020). Warisan Budaya Indonesia: Kajian Seni dan Kerajinan Tradisional. Jurnal Kajian Budaya, 14(1), 1-20.

Nuryani, S. (2020). Masakan Indonesia: Kajian Budaya Pangan dan Tradisi Kuliner. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 57(2), 1-15.

Suryadi, D. (2018). Keaarifan Lokal Kediri: Analisis atas Budaya dan Tradisi Masyarakat Kediri. Journal of Cultural Studies, 10(2), 1-15.

Susanti, R.F. (2019). Keanekaragaman Linguistik di Indonesia: Kajian Penggunaan Bahasa dan Sikap Berbahasa. Jurnal Linguistik dan Pengajaran Bahasa, 10(2), 1-15.

Widiyanto, A. G. (2020). Pengembangan Produk: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Yoon, S. (2019). Pengaruh Integrasi Teknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Matematika. Jurnal Pengembangan dan Pertukaran Teknologi Pendidikan, 12(4), 1-14.

Zuhri, M. (2019). Festival dan Perayaan di Indonesia: Kajian Tentang Festival dan Perayaan Tradisional. Jurnal Sosiologi dan Antropologi, 12(2), 1-15.

Downloads

Download data is not yet available.