Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Bahasa Inggris
PDF

Keywords

Persepsi
pembelajaran
Bahasa Inggris

How to Cite

Fahriza, M. R., & Nurmilawati, M. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 812–822. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5635

Abstract

Persebaran mata kuliah di setiap jurusan dan juga universitas pasti berbeda-beda. Salah satunya adalah mata kuliah bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap pemberian mata kuliah bahasa inggris pada semester IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan instrumen angket yang diberikan kepada mahasiswa semester 4, 6, dan 8 Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Kesehatan dan Sains, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil analisis  angket setiap indicator yaitu 85% responen merasa metode yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah bahasa inggris sudat tepat. Dengan presentase paling banyak menyukai dan memilih metode yang digunakan adalah GTM (Grammar and Translation Method). Lebih dari 50% mahasiswa pendidikan biologi memiliki motivasi yang bagus selama pembelajaran mata kuliah bahasa inggris. Lebih dari 50% responden menyatakan setuju dengan penerapan mata kuliah bahasa inggris pada semester IV. 55% responden memilih untuk penerapan mata kuliah bahasa inggris  dilaksanakan sebelum semester IV.

PDF

References

Abnisa, A. P., & Zubaidi, Z. (2022). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 6-16.

Afriansyah, H. (2019). administrasi pendidikan.

Benken, S., Mucksavage, J., Yudkowsky, R., Woo, D., Collins, M., & Cheung, J. J. H. (2023). A Multimedia Evaluation of Pharmacy Faculty PowerPoint Slides in a Critical Care Course. American Journal of Pharmaceutical Education, 87(5), 100066. https://doi.org/10.1016/j.ajpe.2023.100066

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di perguruan tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783-790.

Cesare Ardaya, A. ., Annisa Rahmadani, S. ., & Alfarisy, F. . (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik . Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(01), 25–33. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.481

Fahriza, M. R., Haq, M. Z. A., & Primandiri, P. R. (2023, August). Respon Mahasiswa Biologi Terhadap Pembelajaran Berbasis Project. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 6, pp. 836-842).

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.

García, A. (2018). English Center. Basic Level., (pembimbing I), 100.

Haskett, L. A., Doster, D. L., Athanasiadis, D. I., Anton, N. E., Huffman, E. K., Wallach, P., Walvoord, E., Stefanidis, D., Mitchell, S. A., & Lee, N. K. (2022). Resilience matters: Student perceptions of the impact of COVID-19 on medical education. The American Journal of Surgery, 224(1), 358–362. https://doi.org/10.1016/j.amjsurg.2022.01.022

Maherani, A. A., Salam, R., Faisal, M., & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Audiolingual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 168 Rumpia Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 64–76. Retrieved from http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Mainandar, L., & Suri, M. (2022). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(2), 293-297.

Meneghel, I., Martínez, I. M., Salanova, M., & de Witte, H. (2019). Promoting academic satisfaction and performance: Building academic resilience through coping strategies. Psychology in the Schools, 56(6), 875–890. https://doi.org/10.1002/pits.22253

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rohmah, S. N. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Dalam Ilmu Pengetahuan Di Era Globalisasi.

Salsabila, G., Zwagery, R. V., & Rusli, R. (2023). Peranan Academic Resilience Terhadap Academic Burnout pada Peserta Didik SMA Dalam Peralihan Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Luring di Kota Banjarmasin. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 21(2).

Saniah, S., & Putri Khoirunnisa. (2024). Analisis Macam-Macam Metode Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(5), 5754–5766. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13224

Saputra, H. N. (2019). Analisis respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kimia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 6(2), 278-299.

Saragih, M. ., Risma Hartati, Zulmawati, Hasibuan, M. F. ., Sembiring, R. ., & Edi Suprayetno. (2023). Pelatihan English Conversation Melalui Direct Method dan Keterlibatan Native Speaker Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Muhamadyah 18 Medan. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.52622/jam.v2i2.182

Sari, A. O., & Dwinata, E. (2023). Studi Deskriptif Metode GTM Yang Digunakan Oleh Guru Bahasa Inggris Dalam Mengajar Present Continuous Tense Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Campurdarat. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 833–840. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/499

Sholeh, M., & Jamil, K. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa SMP Kelas 2. Journal of Education Research, 4(3), 1241–1250. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.312

Sintia, N., & Triyogo, A. (2019). Teaching Reading Comprehension by Using Listen-read-discuss (Lrd) Strategy to the Tenth Grade Students of Smk Yadika Lubuklinggau. Journal of English Education E-ISSN, 2621, 3680.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam belajar bahasa Inggris dan cara mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64-70.

Trigueros, R., Padilla, A., Aguilar-Parra, J. M., Mercader, I., López-Liria, R., & Rocamora, P. (2020). The Influence of Transformational Teacher Leadership on Academic Motivation and Resilience, Burnout and Academic Performance. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(20), 1–11. https://doi.org/10.3390/ijerph17207687

Ulimaz, A. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar di Perguruan Tinggi Berbasis Vokasi. Nusantara Hasana Journal, 2(1), 198-206.

Widyastuti, R. (2019). Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Dengan Perannya Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Kebijakan Kurikulum 2013di Sekolah Dasar Negeri 155 Gresik2166Jurnal Pendidikan Indonesia(Japendi), Vol. 3No. 1Januari2022Masing-Masing.

Downloads

Download data is not yet available.