Abstract
Pasca pandemi yang berlangsung selama hampir dua tahun berturut-turut, menuntut guru untuk lebih kreatif lagi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran yang monoton membuat peserta didik menjadi bosan dan kurang berminat untuk belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang menurun. Salah satu alternatif yang dapat dijadikan guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah melalui metode demonstrasi dengan berbantuan media Smart Ticket untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode demonstrasi yang mempertunjukkan proses pembelajaran secara langsung kepada peserta didik, dengan berbantuan media pembelajaran Smart Ticket yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran serta menarik simpati belajar peserta didik pada saat pembelajaran di dalam kelas. Pada kegiatan pembelajaran, faktor pendukung tercapainya tujuan pembelajaran salah satunya adalah bagaimana seorang pendidik menggunakan metode dan media mengajar yang cocok, sehingga dapat meningkatkan hasil hasil belajar peserta didik pada materi tersebut. Salah satu metode yang dapat dgunakan pendidik saat mengajar pada pembelajaran di dalam kelas adalah metode demonstrasi dengan berbantuan media pembelajaran Smart Ticket.
References
Aras, I., Hermansyah, H. & Darmayasa,J.B. (2021). Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. AlKhwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9 (1) 1328.https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1339.
Arita, S., & Arita, S. P. (2017). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 6(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3340.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2),109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Hulu, I. (2021). Pembelajaran Kombinasi pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-C SMPN 1 Seberida. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Kusumawati,N.,&Nursafitri,M.D.(2022).PenggunaanModelPembelajaranTwoStayTwoStrayUntukMeningkatkanKetuntasanHasilBelajarSiswaMateriPerkembangbiakanMakhlukHidupPadaKelasVISDNBongsopotro01.AlMadrasah:JurnalPendidikanMadrasahIbtidaiyah,6(2),456.https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1007
Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1),1–2.
Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV,192–200.
Masyithoh,D.,&Arfinanti,N.(2021).ANALISISPELAKSANAANPEMBELAJARANTATAPMUKATERBATAS(PTMT)PADAERANEWNORMALTERHADAPHASILBELAJARMATEMATIKASISWAMADRASAH ALIYAH. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13,160–167.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2),8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164.https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541
Syafi’i,F.F. (2022).MERDEKA BELAJAR: SEKOLAH PENGGERAK|Syafi’i|PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049
Yohana,C. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan, 07, 89–102.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Selin Dita Rahma, Karimatus Saidah