Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menetapkan kriteria inklusi, telusur hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis sesuai kriteria inklusi, tabulasi data, dan analisis data dengan menghitung effect size. Diperoleh 73 artikel dan yang sesuai dengan kriteria inklusi sejumlah 19 artikel. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran GI memiliki dampak tertinggi terhadap peningkatkan hasil belajar Biologi pada jenjang SMP. Riset pengembangan model pembelajran GI bagi siswa jenjang SD dan SMA bahkan pergruuan tinggi masih berpotensi besar dilakukan untuk mendapatkan praktik baik dnegan skor effect size yang lebih baik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Sofyan Sauri, Budhi Utami, Agus Muji Santoso