Analisis Kebutuhan Siswa terhadap E-learning Berbantu Linktree di Sekolah Dasar
PDF

Keywords

E-learning
Linktree
Siswa

How to Cite

Jati, Y. W. . (2024). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap E-learning Berbantu Linktree di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 443–446. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4548

Abstract

Siswa kelas III SDN 2 Bandung Prambon Kabupaten Nganjuk tidak pernah menggunakan e-learning tapi mampu menggunakan smartphone. Tujuan penelitian untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap e-learning berbantu Linktree Di Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Responden sejumlah 33 siswa kelas III SDN 2 Bandung Prambon Nganjuk. Instrumen yang digunakan meliputi angker studi pendahuluan 10 butir untuk siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis dan meringkas data data yang telah terkumpul untuk memberikan gambaran terkait kondisi dan situasi yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian pernyataan 1 siswa menyatakan IPA adalah pelajaran yang tidak menyenangkan. Pada pernyataan 2,68% siswa menyatakan bahwa materi perubahan cuaca dalam pelajaran IPA sulit dibuktikan, pada pernyataan ke-3 pembelajaran IPA yang disampaikan guru sulit dipahami ditambah pernyataan ke 4 guru tidak menggunakan media pembelajaran IPA. Pertanyaan ke 6,26% siswa tidak pernah menggunakan media e-learning dalam pembelajaran, pada pernyataan ke 8 siswa berkeinginan untuk mempelajari materi perubahan cuaca dengan media e-learning. Kebanyakan siswa pernah melihat Linktree di HP, hal ini dapat dilihat dari pernyataan ke 9. pada pernyataan ke 10 siswa berkeinginan mempelajari materi perubahan cuaca dengan menggunakan media e-learning berbantu linktree.

 

PDF

References

Afriyose, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Linktree Melalui Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Di Sekolah Menengah Atas. Universitas Lampung.

Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022a). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Linktree Meningkatkan Literasi Sains Dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Macam-Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 1–9.

Andika, I. P. W., & Yudiana, K. (2022b). Pengmbangan Panduan Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Web Linktree Terhadap Literasi Sain Dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Macam Macam Gaya Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 52–60.

Darmawan, D. (2016). Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: Ptremaja Rosdakarya.

Kammakomati, M., & Battula, S. V. (2020). Merge Url: An Effective URL Merging And Shortening Service. International Journal Of Computer Science And Mobile Computing, 9(8), 63–69.

Khoiruman, K. (2020). Pembelajaran Materi PAI Berwawasan Multikultural. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA", 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafi’i, A. F. (2022). Pengembangan E-Learning Berbantu Linktree Materi Hubungan Gaya Dan Gerak Untuk Siswa Kelas IV MI Sabilillah Tanjung Kabupaten Nganjuk. PGSD, FKIP UN PGRI.

Downloads

Download data is not yet available.