ANALISIS DIGITAL MARKETING, BRAND AWARENESS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKPIA AL FATTAH

Authors

  • Nur Azizzah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/d23ybw25

Keywords:

Digital Marketing, Brand Awareness, Brand Image, Keputusan Pembelian, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, brand awareness, dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Bakpia Al Fattah Trenggalek. Dengan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi linier berganda, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Bakpia Al Fattah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 150 responden. Datadikumpulkan dari 150 responden melalui kuesioner berskala Likert secara online dan offline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, brand awareness, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Di samping itu, nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) adalah 55,0%, yang mengindikasikan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut.Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokus terhadap UMKM lokal dengan media promosi terbatas, yang menegaskan pentingnya strategi digital dan persepsi merek dalam produk berskala tradisional. Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi penguatan strategi promosi berbasis digital pada UMKM dan kontribusi teoritik bagi studi perilaku konsumen di era digital.

References

[1] Huda N, Ayu D, Septyarini R. Outlook Ekonomi Digital Outlook Ekonomi Digital 2025, Jakarta: Center Of Economic And Law Studies 9 (Celios); 2025.

[2] Firmansyah D, Husna R. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Usaha Keripik di Kabupaten Bireuen). VARIASI Maj Ilm Univ Almuslim 2021;13:135–41. https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3.857.

[3] Susilowati YP, Muslih B, Soedjoko DKH. Lingkungan Kerja Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Pusat Oleh-Oleh Mak Plengeh Kediri 2022.

[4] Dwiputri R, Isyanti P, Sumarni N. Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kofieboy. Akad J Mhs Humanis 2024;4:488–98. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.855.

[5] Ningtias INC, Istiasih H, Damayanti S. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akuntasi Fak Ekon Dan Bisnis UNP Kediri 2024:134–43.

[6] Wardani IK, Zulistiani, Damyanti S. Pengaruh Digital Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dapur Chubby. Simp Manaj Dan Bisnis 2023;2:116–25. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/qzqqt227.

[7] Tohari A, Kurniawan A, Muslih B, Widodo ASF, Saputra LB. Utilization of Tax Incentives, Tax Services and Existence of Tax Sanctions on Tax Compliance in Submitting SPT and Micro Business Sustainability at Kediri City during COVID-19 Pandemic. Ijrrjournal 2021;8:463–9. https://doi.org/https://doi.org/10.52403/ijrr.20211158.

[8] Tohari A, Ramadhani RA, Muslih B, Kurniawan A. Structural Equation Modeling: Taxpayer Compliance of Msmes in Kediri City. Rev Gest Soc e Ambient 2024;18:1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-078.

[9] Sari RP. Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Kuliner Dalam Perspektif Bisnis Islam 2023.

[10] Novita NA, Oktianingrum S, Sanjaya VF. Pengaruh Digitalisasi Pemasaran (Pemasaran Online) Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Pada Perspektif Ekonomi Syariah Di Kota Bandar Lampung. Al-Dzahab 2022;3:1–9. https://doi.org/10.32939/dhb.v3i1.1037.

[11] Pramesti DL. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Dan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Produk UMKM Binaan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara 2023.

[12] Aisy RR. Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Loyalty. J Ekon 2021;1:1–160. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7581230.

[13] Belan MS, Husda NE. Pengaruh Digital Marketing , Elctronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian The Originote Di Kota Batam 2024;4:167–74. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/e4c76018.

[14] Hubbina R, Mutia A, Putriana M. Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi). J Student Res 2023;1:459–75. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.

[15] Fitrianna H, Aurinawati D. Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan. INOBIS J Inov Bisnis Dan Manaj Indones 2020;3:409–18. https://doi.org/https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147.

[16] Fitriani TN, Kurniawan B, Goeltom HC. Pengaruh Brand Trust, Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening. J Ekon Bisnis, Manaj Dan Akunt 2023;3:968–77. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i3.3214.

[17] Putri DA, Djaelani AK, Primanto AB. Pengaruh Digital Marketing, Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Pada Skincare Skintific (Studi Pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Angkatan 2021). E-Jurnal Ris Manaj 2024;13:627–38. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v14i12.10916.

[18] Mokoagouw AJH, Mangantar M, Lintong DCA. Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Mahasiswa FEB Unsrat Manado). J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis Dan Akunt 2023;11:290–300. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.46276.

[19] Solechah AR. Pengaruh Digital Marketing, Brand Image, Dan Brand Awareness Terhadap Minat Menggunakan Produk Pada Bank Syariah Indonesia ( Studi Kasus Pada Masyarakat Umkm Kecamatan Depok ) 2023.

[20] Kurniawan KJ, Wahyudi Reynaldo H, Catharina A. Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue Di Kota Malang. J Ris Manaj Dan Ekon 2023;1:231–42. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i3.434.

[21] Pramesti DZ, Sujana N. Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo. Skripsi Thesis, Univ Muhammadyah Surakarta 2022;11:346–63.

[22] Khafid W. Pengaruh citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu DBL ardiles pada klub bola basket bintang muda. Univ Negeri Yogyakarta Student Journals 2023:1–97.

[23] Hasian AG, Pramuditha CA. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Brand Image, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Palembang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Palembang). Publ Ris Mhs Manaj 2022;3:115–21. https://doi.org/10.35957/prmm.v3i2.2313.

[24] Lestari DF, Azizah JN. Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Cilegon. J Adm Bisnis Terap 2023;6. https://doi.org/10.7454/jabt.v6i1.1094.

[25] Mirdzan M, Farida E, Millaningtyas R. Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare MS Glow 2022;12:1094–102.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Azizzah, N., & Damayanti, S. (2025). ANALISIS DIGITAL MARKETING, BRAND AWARENESS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKPIA AL FATTAH. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 946-955. https://doi.org/10.29407/d23ybw25

Similar Articles

1-10 of 299

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>