PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CALL N GO TRANS KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.29407/xzvyfd71Keywords:
Pemasaran Digital , Kualitas Produk, Penanganan Keluhan, Kepuasan Pelanggan, Rental MobilAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital, kualitas produk, dan penanganan keluhan terhadap tingkat kepuasan pelanggan rental mobil Call N Go Trans Kediri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis regresi linear berganda, data diambil dari pelanggan yang telah menggunakan layanan lebih dari sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemasaran digital, kualitas produk, dan penanganan keluhan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan penanganan keluhan memiliki kontribusi terbesar. Secara parsial, ketiga variabel memberikan pengaruh positif dan signifikan. Temuan ini menyarankan perusahaan untuk memperkuat strategi pemasaran digital, memastikan standar kualitas kendaraan, dan membangun mekanisme penanganan keluhan yang tanggap dan empati guna meningkatkan loyalitas dan daya saing di industri jasa rental mobil.
References
[1] Wahyusetyawati E. Dilema pengaturan transportasi online. J RechtsVinding 2017:1–4.
[2] Purnomo H. Manajemen Logistik Dan Rantai Pasokan. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.
[3] Gunawan N, Subagyo S, Purnomo H. Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Merek, dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim Kediri. Simp. Manaj. dan Bisnis II, vol. 2, Kediri: Program Studi Manajemen - FEB UNP Kediri; 2023, p. 733–43.
[4] Soejoko, Dodi Kusuma Hadi; Purnomo H. Hukum Bisnis. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.
[5] Adisasmita SA. Pengantar Perencanaan Transportasi. Perenc Transp 2014:1–29.
[6] Nurfadillah. Pengaruh Kualitas Jasa Produk Mobil Rental, Harga, Dan Sistem Penanganan Keluhan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Rental Mobil Pada Cv. Line Trip Rentcar Pekanbar 2020.
[7] Purnomo HSF. Marketing Efforts Through Social Media On Brand Equity And Consumer Behavior. Int J Econ Lit 2024;2:3092–102.
[8] Masruroh S, Dwi Wahyono, Muhaimin, Husnah Katjina, Loso Judijanto. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, Dan Akuntansi) 2023;9:2464–71. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i6.1728.
[9] Ningrum DC, Sulistyawati S, Sari HTM. Kepuasan Pengguna Laboratorium Pendidikan. J Pengelolaan Lab Pendidik 2024;6:17–23. https://doi.org/10.14710/jplp.6.1.17-23.
[10] Pratiwi D, Ellyawati N, Permatasari I. Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Fanny’S Food Samarinda Tahun 2021. Educ Stud Conf Ser 2022;2:112–24. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1204.
[11] Iswahyuniarto D. Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan pada Jasa Online Travel Agent. J Syntax Admiration 2023;4:299–315. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i3.552.
[12] Azizah L. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberlangsungan Usaha. Univ Int Batam UIB Repos 2021:5–24.
[13] Pratiwi ND, Fadhli K. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. J Inov Penelit 2021;2:603–12.
[14] Nusantara U, Kediri P, Kh J, Dahlan A, Kediri K, Timur J. Analisis kepuasan konsumen dari persepsi harga, kualitas produk dan pelayanan penjualan terhadap rumah bibit buah sigit nganjuk 1),2) 2024:1135–44.
[15] Ravenska J. Pengaruh penanganan keluhan, pemulihan layanan dan nilai jasa terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa Go-Jek 2019;1:1–13.
[16] Zaini AFAA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Rental Mobil Pada Pt. Rafa Travelindo Mandiri Banyuwangi 2021;7:57–60.
[17] Rachman A, Yochanan E, Samanlangi AI, Purnomo H. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1st ed. Kerawang: CV Saba Jaya Publisher; 2024.
[18] Ghozali. Buku Ghozali.pdf 2018:490.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Citra Ananda Ratri, Edy Djoko Soeprajitno, Hery Purnomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
