PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS SUDIRO TUNGGA JAYA RUTE PONOROGO-TANGERANG

Main Article Content

Stefanus Arnael Putra Prasetya
Sri Aliami
Poniran Yudho Leksono

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh diantara harga terhadap kepuasan pelanggan.  (2) Pengaruh diantara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. (3) Pengaruh diantara fasilitas  terhadap kepuasan pelanggan. (4) Pengaruh diantara harga,  kualitas pelayanan, serta fasilitas terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini tidak terhingga, sehingga sampel yang terpilih sebanyak 97 penumpang PO Sudiro Tungga Jaya. Metode yang digunakan di dalam penentuan sampel ini adalah metode Accidental Sampling. Metode ini dikerjakan dengan cara mengambil responden yang kebetulan tersedia, hal ini berarti siapa saja penumpang yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti maka dapat digunakan sebagai sampel. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (3) fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (4) secara simultan (bersama) harga, kualitas pelayanan, serta fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Prasetya, S. A. P., Aliami, S., & Leksono, P. Y. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS SUDIRO TUNGGA JAYA RUTE PONOROGO-TANGERANG. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 623–628. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/930
Section
Articles

References

Siagian SP. Manajemen Strategik Jakarta: Bumi Aksara; 2004.

Kotler P AG. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Jakarta: Erlangga; 2008.

Hardiansyah. Kualitas Pelayanan Publik Yogyakarta: Banyumedia; 2011.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa Yogyakarta: Banyumedia; 2011.

Tjiptono F. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, serta Penelitian Yogyakarta: Andi Offset; 2014.

Amstrong K&. Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran, serta Analisis Strategi Pemasaran, Perencanaan Strategi Pemasaran, Implementasi Jilid 2 Jakarta: PT Prenhalindo; 2017.

Agung P. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Pandawa Water World Solo Baru. 2015.

Dealisna P RMFR. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas. JURNAL EMBA: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI. 2018; 6(4).

Aji WK. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Pasien Klinik As-Syifa di Kab. Bekasi). Diponegoro University Institutional Repository. 2011 Agustus.

Dewandi K YKIC. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Emilia. STIMIK GI MDP. 2017.