ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN KERJA SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN MASYARAKAT DESA NGULUNGKULON TRENGGALEK

Main Article Content

Eni Hardianingtyas
Edy Djoko Suprajitno
Heri Purnomo

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini di Kantor Balai Desa Ngulungkulon Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek. Data kuesioner diperoleh dari masyarakat yang berkepentingan di Balai Desa Ngulungkulon. Sampel penelitian sejumlah 40 responden. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Kualitas Pelayanan Publik, Gaya Kepemimpinan, dan Kedisiplinan Kerja secara individu/parsial berpengaruh signifikan pada Kepuasan Masyarakat. Variabel Kualitas Pelayanan Publik, Gaya Kepemimpinan, dan Kedisiplinan Kerja secara simultan/Bersama-sama berpengaruh signifikan pada Kepuasan Masyarakat. Hasil adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 0,600 atau 60,0% yang artinya bahwa besarnya pengaruh Kualitas Pelayanan Publik, Gaya Kepemimpinan, dan Kedisiplinan Kerja terhadap Kepuasan Masyarakat secara bersama-sama (simultan) adalah sebesar 60,0%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 40% diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Article Details

How to Cite
Hardianingtyas, E. ., Suprajitno, E. D. ., & Purnomo, H. (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEDISIPLINAN KERJA SEBAGAI DETERMINAN KEPUASAN MASYARAKAT DESA NGULUNGKULON TRENGGALEK. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1–14. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/717
Section
Articles

References

Mukarom Z, Laksana MW. Manajemen Public Relations (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Bandung: CV Pustaka Setia; 2015.

Kepmen PAN. Kepmen PAN No.25 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah 2004.

Sinambela. Reformasi Pelayanan Publik: Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT Bumi Aksara; 2014.

Thoha M. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,; 2016.

Hasibuan M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2016.

Kuncoro SB. Pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor kecamatan bengalon kabupaten kutai timur 2017;5:234–45.

Vellayati WA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta; 2016.

Consuegra DM. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyality: An Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand Management. 2007.

Tjiptono F, Gregorious C. Pemasaran strategik. 2nd ed. Yogyakarta: Andi; 2012.

Gary Y. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks; 2015.

Moenir. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara; 2001.

Supriyanto AS dan MM. Metodologi Riset: Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang: UIN-Maliki Press; 2010.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2013.

Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2016.

Siwij D. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Kepemimpinan Kepala Desa Lalow Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow 2018.