Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas Xi Sma Muhamadiyah Kota Kediri

Authors

  • Galih Prakoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suratman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yunita Dwi Pristiani Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/c3s9rv48

Keywords:

kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar, PPKN, pendidikan menengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Kediri yang berjumlah 112 siswa, dengan sampel sebanyak 88 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan skala Likert 1-5, serta dokumentasi nilai UAS semester genap untuk hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PPKn dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PPKn dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Secara simultan, kecerdasan emosional dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PPKn dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 (<0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,390, yang menunjukkan bahwa 39% variasi hasil belajar dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi belajar merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan hasil belajar PPKn siswa.

References

manah, R. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional, motivasi belajar dan perilaku belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Ariyanto, D. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan komitmen organisasi terhadap kinerja dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia, 5(2), 145-158.

Likur, F. A. H., Balikh, R. A. P., & Teibang, M. H. I. (2024). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri Ampera, Alor. Science and Education Journal (SNEJ), 2(1), 37-55.

Moroki, I. (2020). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Journal of Psychology "Humanlight", 1(1), 30-40.

Pardede, L., & Pardede, D. L. (2021). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKn siswa SMA Negeri Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Darma Agung, 29(2), 11.

Pratama, R. S., Nur, A., & Gugum. (2025). Pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar. Kampus Akademik Publishing, 2(1), 513-522.

Prastyo, D., Sulistyowati, I., Budiyono, S. C., Salsabila, S. P., Safitri, D. I., &

Qotrunnada, E. (2025). Pengaruh gaya belajar terhadap kecerdasan emosional siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPPI), 5, 348-353.

Rezeki, U. S., Cornelia, T. S., & Manik, T. F. (2024). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri 065013 Kota Medan tahun ajaran 2023/2024. Curere, 8(1), 88-95.

Rini, W. M., Ramadhina, W. O., Adabi, A. H., & Anshori, M. I. (2025). Emotional intelligence & digital leadership: Mengapa kecerdasan emosional tetap penting di era AI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 211-227.

Sastra, I. (2025). Faktor kecerdasan emosional dan motivasi mengajar dalam kinerja guru IPS SMP. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 1(3), 13-18.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Kelas Xi Sma Muhamadiyah Kota Kediri. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1809-1817. https://doi.org/10.29407/c3s9rv48

Similar Articles

1-10 of 488

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>