Pengembangan Multimedia Interaktif Keragaman Budaya di Jawa Timur Siswa Kelas IV SDN 2 Kudu

Authors

  • Rohma Darul Istiqomah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/fkn3a504

Keywords:

pengembangan, multimedia interaktif, keragaman budaya di jawa timur

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran di kelas VI SDN Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk yang belum optimal, karena guru hanya menggunakan media visual, bahan ajar berupa buku guru dan buku siswa, serta guru kurang memanfaatkan fasilitas berupa LCD Proyektor dan Laboratorium Komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE, dengan subjek siswa dan guru kelas IV. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan tes, serta dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, multimedia interaktif sangat valid mencapai persentase kevalidan 94,5%, sangat efektif mencapai persentase 90,29% pada uji coba terbatas dan 92,88% pada uji coba luas, serta sangat praktis dengan mendapatkan persentase respon guru 96,66% dan hasil angket respon siswa mendapatkan persentase 98,80% pada uji coba terbatas dan 92,12% pada uji coba luas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran

References

Afifah, Siti Muvidah Nur,. Dkk.(2023) Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Ipas. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Ita, Efrida., Dkk. (2023).Buku Ajar Mata Kuliah Terintegrasi Bahasa Ibu:Pembelajaran Multilingual Di Sekolah Dasar. Pekalongan : PT Nasya Expansing Management.

Julianto, Tri., Karimatus Saidah., dan Erwin Putera Permana. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Materi Keragaman Budaya di Nganjuk untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PendidikanTambusai, 1(6), 1078-1085.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.

Suhelayanti, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas). Langsa,Aceh: Yayasan Kita Menulis.

Primasatya, N., & Mukmin, B. A. (2023). Multimedia Bagi Calon Pendidik. Kediri: Penerbit Universitas Nusantara PGRI Kediri

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Multimedia Interaktif Keragaman Budaya di Jawa Timur Siswa Kelas IV SDN 2 Kudu. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1710-1714. https://doi.org/10.29407/fkn3a504

Similar Articles

11-20 of 787

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)