Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMAN 1 Kediri

Authors

  • Zonna Novita Riandini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

mengidentifikasi teks, model pembelajaran circ, teks prosedur

Abstract

Kemampuan mengidentifikasi teks penting dikuasai siswa untuk memahami isi materi yang disampaikan secara tekstual. Jenis teks digunakan guna menilai kemampuan siswa untuk mengenal teks yaitu teks prosedural. Dari hasil pengamatan peneliti, kemampuan SMAN 1 Kediri dalam mengidentifikasi dokumen prosedur siswa Kelas XI tahun pelajaran 2021/2022 masih tergolong rendah, yaitu 40% siswa yang melebihi KKM dengan nilai rata-rata  73,2. Hal tersebut dipengaruhi oleh rendahnya daya tarik siswa terhadap pembelajaran yang digunakan itu. Bahwa hasil pengamatan tersebut, penelitian yang ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan siswa mengidentifikasi prosedur tertulis. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Integrated, Coordinated, Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode yang dipakai peneliti dalam meneliti ini yatu metode eksperimen dengan menggunakan two post-test design. Hasil ini mengatakan bahwa model dari pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap bakat siswa dalam mengenal teks prosedur. Ditunjukkan dengan IPK yang diterima siswa dengan menggunakan CIRC sebesar 92,2.

References

Agustian, Ilham. 2019. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. [online]. Tersedia:https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/downdload

/837/705/. [22 Juni 2022]

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmoro, Tika Sari. 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW). [online]. Tersedia:https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/download/3952/2795. [10 Januari 2022].

Lehana. 2018.Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Pembelajaran Kontekstual Komponen Pemodelan di Sekolah Dasar. [online]. Tersedia:https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/25429/75676576587. [22 Juni 2022].

Lismi. 2019. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Teluk Keramat. [online]. Tersedia:https://jurnal.untan.ac.id/index.

php/jpdpbArticle/download/39721/75676585398. [14 Maret 2022].

Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaripah. 2016. Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap MOTIVASI Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup T.P 2014/2015. [online]. Tersedia:http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/

edutech/article/downloadSuppFile/604/54. [22 Juni 2022]

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Riandini, Z. N. ., Pitoyo, A. ., & Rahmayantis, M. D. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMAN 1 Kediri . Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 860–867. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2393

Issue

Section

Articles