Strategi Pembelajaran Di Era Digital Melalui Penguatan Kompetensi Pendidik Untuk Menyiapkan SDM Unggul

Authors

  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Strategi pembelajaran era digital, penguatan kompetensi pendidik, SDM unggul

Abstract

Tantangan dan perubahan dalam menghadapi era society 5.0 sangatlah cepat dan Sumber Daya Manusia (SDM) harus siap berkompetisi di berbagai bidang, termasuk satuan pendidikan formal. Perkembangan teknologi digital banyak memberikan kemudahan dengan koneksi yang lebih luas melalui interaksi secara online maupun offline. Dengan adanya kemudahan tersebut maka guru yang berada pada garda terdepan pendidikan harus bisa mengatur strategi pembelajaran era digital ini. Adapun hal-hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah, 1) meberikan penguatan kompetensi guru berupa strategi pembelajaran era digital dan 2) menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul.

References

Aldianto, L., Mirzanti, I. R., Sushandoyo, D., & Dewi, E. F. (2018). Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0 - Sebuah Studi Pustaka. Manajemen Indonesia, 18(1), 68–76.

Dzulkifli, & Sari, I. P. (2015). Karakteristik Guru Ideal. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. 89–93. ISBN: 978-979-796.324-8.

Fatimaningrum, A. S. (2011). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Kemendikbud. (2017). Modul Pelatihan Bagi Kepala Sekolah: Penguatan Pendidikan Karakter Koesoema, Doni, ed.). Cetakan Kedua. Jakarta: Kemendikbud.

Kuncoro, A. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia Nino. Harian Kompas, p. 6. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26. https://doi.org/10.2307/1782970

Sudarminto, P. (n.d.). Guru di Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Strategi dalam Memajukan Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Lumbung Pustaka UNY.

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–21.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jati Unik : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 102–110. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Tjandrawinata, R. R. (2016). Industri 4.0 Revolusi Industri 4.0 Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan Dan Bioteknologi. Medicinus, 29(1), 31–39.

Tobeli, E. (2010). Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. 1(1). 1–18.

Tritularsih, Y., & Sutopo, W. (2017). Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industri 4 . 0. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 507–517.

Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. 2, 364–370.

Downloads

Published

2022-08-10

How to Cite

Pitoyo, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Era Digital Melalui Penguatan Kompetensi Pendidik Untuk Menyiapkan SDM Unggul. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 440–446. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2507

Issue

Section

Articles