Kepraktisan Multimedia Interaktif Bermuatan E-Puzzle Berbasis Kearifan Lokal Kota Trenggalek Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.29407/hbw0tp19Keywords:
kepraktisan, multimedia interaktif, e-puzzle, kearifan lokalAbstract
Media pembelajaran yang praktis menjadi kunci keberhasilan proses belajar mengajar, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepraktisan multimedia interaktif bermuatan e-puzzle berbasis kearifan lokal Kota Trenggalek dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Ngrambingan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan Teknik Pengumpulan data melalui angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase respon guru sebesar 94% dan respon siswa sebesar 97%. Sehingga Multimedia Interaktif Bermuatan E-Puzzle berbasis Kearifan Lokal kota Trenggalek sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi Indonesiaku Kaya Budaya.
References
Ambaria, A., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Analisis Validasi dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Kecamatan Semen. Efektor, 10(2), 274–284. https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20920
Dewi, D. A., Siregar, R. M., & Ahmad, A. (2024). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.
Khasanah, N., Putri, R. N., & Hidayat, S. (2024). Urgensi Media Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Melliana, S. G., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Media E-Puzzle Pada Materi Lambang Negara “Garuda Pancasila” Kelas III Sekolah Dasar. Jpgsd, 1930–1941.
Nurlaeli, A., Fajar, W. N., & Sadeli, E. H. (2023). The Development of E-Puzzle Learning Media on the Bhinneka Tunggal Ika Topic in Shaping the Profile of Pancasila Students in Grade X of MAN 1 Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 50–57.
https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.882
Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Journal PINUS, 3(1), 32–40.
Rahma, R. A. N., Nurmilawati, M., Primandiri, P. R., & Sulistiono, S. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 64–71. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16924
Shella Rhodinia, Selly Triamanda, Bagus Setiawan, & Abdul Aziz. (2023). Permalasahan Media Pembelajaran IPS Yang Kurang Variatif Dan Strategi Pemecahannya. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 2(1), 25–37. https://doi.org/10.59246/aladalah.v2i1.613
Wulandari, A., & Yuliandari, R. N. (2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Puzzle Lingkaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 13–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Laili, Kharisma Eka Putri, Mumun Nurmilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
