Media Pembelajaran Katalog Digital Museum Airlangga Menggunakan Qr-Code Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik X SMAN 1 Mojo
DOI:
https://doi.org/10.29407/5ffg7s45Keywords:
media pembelajaran, katalog digital, sejarah, QR-codeAbstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya ketertarikan dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran sejarah Indonesia, terutama berkaitan dengan peninggalan sejarah Hindu-Buddha. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini menciptakan katalog digital koleksi Museum Airlangga yang menggunakan QR-Code. Katalog ini dapat diakses dengan smartphone dan menyediakan informasi dengan cara yang visual, interaktif, dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah (1) merancang media katalog digital berbasis QR-Code, (2) menguji efektivitas media katalog digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Mojo, dan (3) menganalisis efektivitas serta manfaat dari media katalog digital berbasis QR-Code. Metodologi yang digunakan adalah Research and Development (RandD) dengan model ADDIE yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Alat yang digunakan meliputi kuesioner validasi pakar, kuesioner tanggapan peserta didik, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dianggap efektif dan berguna. Perhitungan N-Gain menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar dan respons positif dari peserta didik menandakan bahwa media ini berhasil meningkatkan minat belajar sejarah dengan signifikan.
References
Aka, Kukuh Andri, Hesinta Mita Aprilia, Erwin Putera Permana, and Zainal Afandi. 2023. “Natural Resources Utilization Comic Media Based on Local Wisdom : Mount Kelud Kediri.” 7(1):124–33.
Anggraini, Meina Candra, and Firosalia Kristin. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(10):4207–13. doi: 10.54371/jiip.v5i10.1015.
Arisandy, Debby, Jefri Marzal, and Maison Maison. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(3):3038–52. doi:
10.31004/cendekia.v5i3.993.
Budianto, Agus, Nara Setya Wiratama, Zainal Afandi, Sigit Widiatmoko, Heru Budiono, Gusti Garnis Sasmita, Ivrada Setiya Budi, Muhamad Fajrul Al Fauzi, Setya Wiratama, and Muhammad Fajrul Al Fauzi. 2023. “PENDAMPINGAN PENULISAN HISTORIOGRAFI SITUS CANDI SUROWONO SEBAGAI PENGEMBANGAN PENGAJARAN SEJARAH LOKAL MGMP SMA/MA KOTA KEDIRI Lisensi: Cc-by-Sa.” 86–95.
Ferdian, Ferry, and Nara Setya Wiratama. n.d. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Bubuksah- Gagangaking Vdi Candi Surowono.” 253–60.
Fitriastuti, Danti, Wasis Himawanto, and Zainal Afandi. 2023. “The Effect of Using Learning Methods on Learning Outcomes Front Roll Viewed from the Flexibility Factor in Class X Students of SMK Negeri Kademangan, 2021.” International Journal of Research and Review 10(1):599–612. doi:
10.52403/ijrr.20230167.
Habib Hariyadi, Aldisa, Sigit Widiatmoko, and Nara Setya Wiratama. 2022. “Studi Tentang Peran Dan Fungsi Museum Anjuk Ladang Di Kabupaten Nganjuk Tahun 2018-2022.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 5(2):463–71.
Maujud, Muhammad Fajri, Zainal Afandi, and Budiman Agung Pratama. 2021. “The Increase in VO2 Max and Passing Using Exercise Small-Sided Game 3 vs 3 and 6 vs 6 On Football Players.” COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga 13(2):216. doi: 10.26858/cjpko.v13i2.21602.
Poppy Rahmatika Primandiria, Suciptoa, Muhammad Najibullah Muzakia, Ro’ikatul Jannaha, Dila Elpin Setiania, Dewi Rossylia Watia, Mohammad Annan Makruf Mustofaa, Umar Al Faruqa, Yunita Sukawatib, Ahmad Fauzanb, Heri Setiawanb, Sulastric, Ibnu Qoyimd, Chair,Zainal Afandi Agus Muji Santoso. 2024. “Advokasi Guru Sekolah Mitra Tentang Urgensi & Desain Pembelajaran Untuk Penguatan Keterampilan Kolaborasi Siswa1702 Dalam Akselerasi Pemulihan Mutu Pembelajaran Di Kota Kediri.” 4(1):209–17.
Ramadhan, Fahmi Nur, Sunardi Sunardi, and Akhmad Arif Musadad. 2021. “Media Katalog Digital Untuk Pembelajaran Sejarah Di Masa Pandemi Covid-19.” Diakronika 2(2):83–100. doi: 10.24036/diakronika/vol21-iss2/220.
Rohmah, Iwik Ni’matur, Nara Setya Wiratama, and Yatmin. 2022.
“Perkembangan Museum Airlangga Di Kota Kediri Tahun 1991-2019.” Semdikjar 5 958–63.
Susanto, Bayu Dwi, Zainal Afandi, and Setyo Harmono. 2023. “Development of Basic Beach Volleyball Technique Training Program for Intermediate Class.” Journal Coaching Education Sports 4(2):287–96. doi: 10.31599/jces.v4i2.3110.
Widodo, Agus, Zainal Afandi, Suratman Suratman, Nursalim Nursalim, Etty Andyastuti, and Septiana Septiana. 2023. “Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Dan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila.” Jurnal Civic Hukum 8(1):97–116. doi: 10.22219/jch.v8i1.24390.
Wiratama, Nara Setya. 2022. “Manfaat Personal Website Sebagai Media Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejara 7(2):33–39.
Wiratama, Nara Setya , Zainal Afandi, Heru Budiono, Agus Budianto, Sigit Widiatmoko, Yatmin, Gusti Garnis Sasmita, Afid Maulana Putra. 2025. “JPMNT : Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana.” (1).
Yatmin, and Zainal Afandi. 2022. “Studi Tentang Candi Ngetos Di Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Kajian Ikonografi.” Efektor 9(1):66–75. doi: 10.29407/e.v9i1.17516.
Zainal Afandi, Yatmin, Agus Budianto, Heru Budiono, Sigit Widiatmoko, Nara Setya Wiratama, Siska Nurazizah Lestari, Alkari, Ferry Ferdian. 2022. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Untuk Guru Di SMAN 6 Kediri.” Abdira 2(1):110–21. doi:
10.52561/abma.v1i4.183.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fike Devi Puspita, Zainal Afandi, Nara Setya Wiratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
