Pengembangan E-Modul FLIPKATUWA Pada Materi Satuan Waktu
DOI:
https://doi.org/10.29407/2eteng34Keywords:
e-modul, flipkatuwa, satuan waktu, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul flipkatuwa sebagai media pembelajaran interaktif pada materi satuan waktu untuk siswa kelas II SDN Burengan 4 Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli dan angket respons siswa. Hasil validasi menunjukkan
bahwa e-modul tergolong sangat valid dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media (92,5%). Sementara itu, kepraktisan produk berdasarkan respons siswa berada pada kategori sangat praktis (97%-100%). E-modul FLIPKATUWA berhasil menarik minat siswa dan memudahkan mereka memahami materi satuan waktu
secara interaktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul FLIPKATUWA valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran inovatif.
References
Kristina, Maria, Marianus Yufrinalis, Lukas Bera, Universitas Nusa Nipa, Jl Kesehatan No, Kec Alok Timur, Kabupaten Sikka, and Nusa Tenggara Timur. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas III SDK Waiara.”Journal on Education 05(03):6649–55.
Kusumawardani, Dyah Retno. 2018. “Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.” 1:588–95
Dewi, Made Sri Astika, and Nyoman Ayu Putri Lestari. 2020. “E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4(3):433–41.
Mukaromah, Euis. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 4(1):179–85.
Pasaribu, Veta Lidya Delimah, Agrasadya, Nina Shabrina, and Krisnaldy. 2020. “Abdi Abdi Laksana.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):177–80.
Purnama, Sephia Rahayu, Sekar Wulan Dari, Slamet Muhammad Ilham, Lina Kristianti, Tamara Jasmine Prasetyani, and Aan Nurfahrudianto. 2022. “Pengembangan Aplikasi Geometry of Mathematics (Geomathics) Dengan Metode Gamifikasi Untuk Mengatasi Learning Loss Pasca Pandemi.” Jurnal Koulutus 5(2):1–13.
Santia, Ika. 2015. “Representasi Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 3(2):365–81. doi: 10.25273/jipm.v3i2.505.
Santia, Ika, Aprillia Dwi Handayani, Suryo Widodo, Yuni Katminingsih, Bambang Agus Sulistyono, Lina Rihatul Hima, Dian Devita Yohanie, Jatmiko Jatmiko, Aan Nurfahrudianto, Samijo Samijo, and Darsono
Darsono. 2022. “IHT Penyusunan E-LKPD Inovatif Pada Guru Sekolah Dasar Dawuhan Lor Purwoasri.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) 4(2):170–74.
Santia, Ika, and Jatmiko Jatmiko. 2016. “Pengembangan Modul
Pembelajaran Matematika Berdasarkan Proses Berpikir Relasional Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa SMP.” Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 2(1):11–18.
Santia, Ika, Purwanto, Akbar Sutawidjadja, Sudirman, and Subanji. 2019. “Exploring Mathematical Representations in Solving Ill-Structured Problems: The Case of Quadratic Function.” Journal on Mathematics Education 10(3):365–78. doi: 10.22342/jme.10.3.7600.365-378.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Hartini, Aan Nurfahrudianto, Ika Santia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
