Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Trigonometri Kelas XI

Authors

  • Trisno Adi Saputro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aan Nurfahrudianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lina Rihatul Hima Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Discovery Learning, Persamaan Trigonometri, Data Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakngi pada permasalahan yang ada di SMA Negeri 3 Kediri. Pada permasalahan ini masih kurang-nya pemahaman konsep dasar trigonometri bagi siswa kelas XI, karena peneliti memanfaatkan model pembelajaran discovery learning yang dapat membantu saya belajar lebih efektif untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif mendapatkan sampel dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Setiap kelas berisi 23 siswa dan kelas tersebut menggunakan tes yang berupa soal tes awal (pre test) untuk memberi informasi pengetahuan awal dan soal tes akhir (post test) berguna untuk menilai hasil belajar. Penelitian ini menyimpulkaan bahwa pada kelompok eksperimen dapat meningkat dari kelompok kontrol terlihat dari hasil belajar. Maka itu dapat dikonfirmasi dengan hasil uji-T sampel independen, yaitu bernilai Sig.( 2-tailed) 0,034 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol bernilai (0,034) < (0,05), maka akan ditolak. artinya pembelajaran discovery learning mampuh meningkatkan hasil belajar pada materi trigonometri.

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bruner, Jerome, S. 2007. Discovery Learning at Learning Theories. Retrieved June 10 th,2007.

Depdiknas. 2001. Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Hadiono. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya”. Jurnal Pena Sains. 3, (2), 77-84.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia Hamalik, Oemar, 2004, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar (Ramdhani Boyke, Ed). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ismiati Dewi, I. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Tema Penglaman melalui Penggunaan Alat Peraga Seqip pada Siswa Kelas III SD Banjarharjo Kalibawang Kulonprogo Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Istiana, G.A., dkk. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4, (2), 65-73.

Jufri, Lucky Heriyanti. 2014. Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama.Tesis tidak diterbitkan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lie, Anita. (2010). Mempraktekkan Cooperatif Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta:Grasindo.

Nugraheni, G. (2014). Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri Krebet Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon progo. Skripsi pada FIP UNY Yogyakarta: tidakditerbitkan.

Priansa, D.S. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Rozak, A., & Hidayati, W.S. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALVABETA.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, E., Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SINAR BARU ALGENSINDO.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran aAtematika Kontemporer. Bandung:FMIPA UPI.

Suprihati ningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Adi Saputro, T. ., Nurfahrudianto, A. ., & Rihatul Hima, L. . (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Trigonometri Kelas XI. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 801–807. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2267

Issue

Section

Articles