Kevalidan Media Pembelajaran Motif Batik Anjuk Ladang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pola Simetris Siswa Kelas III SDN 2 Gondangkulon

Authors

  • Trisna Mitaloka Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Erwin Putera Permana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agus Widodo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/r9ydyk52

Keywords:

kevalidan, media pembelajaran, batik anjuk ladang, hasil belajar, pola simetris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis budaya lokal, yaitu motif Batik Anjuk Ladang, dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Gondangkulon pada materi pola simetris. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi diberikan kepada dua validator, yaitu ahli materi dan ahli media, untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor kevalidan sebesar 86%, sedangkan dari ahli media sebesar 90%, yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran motif Batik Anjuk Ladang layak digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Media ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep simetri secara visual dan konkret, tetapi juga menumbuhkan minat belajar serta kecintaan terhadap budaya lokal. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang efektif dan bermakna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (2018). Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Widodo, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Batik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang

Fadilah, N., & Kanya, N. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 25–32.

Ani Daniyati, D., Muntholib, A., & Kharisma, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 112–123.

Rachma, T., Sari, L. M., & Anjani, R. (2023). Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Diakses dari https://journal.unesa.ac.id/addie-mode

Downloads

Published

2025-07-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kevalidan Media Pembelajaran Motif Batik Anjuk Ladang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pola Simetris Siswa Kelas III SDN 2 Gondangkulon. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 295-300. https://doi.org/10.29407/r9ydyk52

Similar Articles

221-230 of 631

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>