Kevalidan Media Pembelajaran Motif Batik Anjuk Ladang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pola Simetris Siswa Kelas III SDN 2 Gondangkulon
DOI:
https://doi.org/10.29407/r9ydyk52Keywords:
kevalidan, media pembelajaran, batik anjuk ladang, hasil belajar, pola simetrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis budaya lokal, yaitu motif Batik Anjuk Ladang, dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Gondangkulon pada materi pola simetris. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi diberikan kepada dua validator, yaitu ahli materi dan ahli media, untuk menilai kelayakan media yang dikembangkan. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan skor kevalidan sebesar 86%, sedangkan dari ahli media sebesar 90%, yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran motif Batik Anjuk Ladang layak digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Media ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep simetri secara visual dan konkret, tetapi juga menumbuhkan minat belajar serta kecintaan terhadap budaya lokal. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang efektif dan bermakna untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Gerlach, V. S., & Ely, D. P. (2018). Teaching and Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.
Widodo, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Batik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang
Fadilah, N., & Kanya, N. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 25–32.
Ani Daniyati, D., Muntholib, A., & Kharisma, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 112–123.
Rachma, T., Sari, L. M., & Anjani, R. (2023). Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Diakses dari https://journal.unesa.ac.id/addie-mode
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erwin Putera Permana, Agus Widodo, Trisna Mitaloka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
