PENGARUH LIVE STREAMING, CONTENT MARKETING DAN ONLINE REVIEW CUSTOMER TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP DI KEDIRI

Authors

  • Sheyla Intan Purnama Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ema Nurzainul Hakimah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • M. Zuhdi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/za8tma97

Keywords:

live streaming, minat beli, tiktok shop, content marketing, online review, kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, content marketing, dan online customer review terhadap minat beli konsumen di TikTok Shop Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, serta uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sedangkan live streaming dan content marketing tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial. Namun, secara simultan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengujian secara simultan antara live streaming, content marketing, dan online customer review dalam konteks TikTok Shop, dengan temuan bahwa online customer review menjadi faktor dominan dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

References

[1] Wicaksono, A., & Dewi P. Exploring the Influence of Social Commerce Features on Impulse Buying in Indonesia: A Study on TikTok Shop 2023.

[2] Rachmawati F. Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis 2018:15(2), 45-56.

[3] Agha M. Model Bisnis TikTok Shop dan Implikasinya terhadap Ekonomi Digital di Indonesia 2023;2:41–51.

[4] HAKIMAH EN. PENGARUH KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KHAS DAERAH KEDIRI TAHU MEREK “POO” PADA PENGUNJUNG TOKO PUSAT OLEH-OLEH KOTA KEDIRI 2016.

[5] Sri B. THE NETNOGRAPHIC PORTRAIT: COMPETITIVE ADVANTAGES OF MSME’S RETAIL BUSINESS VIA “WAG” DURING COVID-19 PANDEMIC 2022.

[6] Gunawan, A., & Kusuma D. Pengaruh Strategi E-Commerce melalui Platform TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indonesia. J Ilmu Ekon dan Bisnis 2023:10(2), 150-162.

[7] MARYANTI W. Analisis Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Kota Palopo 2023:1.

[8] Nurzainul. Konsep Pemasaran untuk Usaha Baru Hidroponik 2019.

[9] Samari. Ethnometodological on Traditional Javanese Retails: Hofstede’s Culture Dimensions for Marketing 2024;5.

[10] Muslih H&. Penerapan Strategi 7T Bisnis Ritel dalam E-Commerce oleh Swalayan Golden 2016.

[11] Kim G. Pricing strategy for own shipping service of E-commerce platform using Two-sided market theory 2021.

[12] Sari. CNC& WP. Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID). 2021.

[13] Wibowo HA. The mediating role of e‑satisfaction on the effect of e‑service quality dimensions on e‑loyalty: A lesson from Bukalapak.com Indonesia. Humanities and Social Sciences Letters 2019.

[14] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2018.

[15] Kotler, P., & Keller KL. Marketing Management (15th ed.). Pearson Education. 2016.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Sari, S. I. P., Hakimah, E. N., & Sasongko, M. Z. (2025). PENGARUH LIVE STREAMING, CONTENT MARKETING DAN ONLINE REVIEW CUSTOMER TERHADAP MINAT BELI PADA TIKTOK SHOP DI KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1423-1430. https://doi.org/10.29407/za8tma97

Similar Articles

1-10 of 611

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>