ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SKINCARE DAVIENA MELALUI KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN IKLAN

Authors

  • Cornelia Rahma Anggraini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Susi Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/xkw51k91

Keywords:

Kualitas Produk, Persepsi Harga, Iklan, Keputusan Pembelian Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Ulang produk skincare Daviena di marketplace Shopee. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal, dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 94 responden mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang dengan kontribusi sebesar 71,1%. Temuan ini menunjukkan bahwa Persepsi Harga merupakan faktor dominan dalam mendorong keputusan pembelian ulang konsumen terhadap produk skincare Daviena.Penelitian ini memberikan implikasi teoritis terkait perilaku konsumen di platform e-commerce, serta implikasi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan loyalitas pelanggan.

References

[1] Ningtias INC, Istiasih H, Damayanti S. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2024:134–43.

[2] Amalia LA, Zulistiani Z, Damayanti S. Strategi Pemasaran Melalui Social Media Instgram Dan Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Ardana Studio). Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2023;8:14–26. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.36594/jtec.v5i1.137.

[3] Labu CPY, Istiasih H, Damayanti S. Pengaruh Social Media Influencer Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Kana Eatrey 2024:232–42.

[4] Dilla K, Sabilla EN, Muslih B. Analisis Kualitas Produk, Celebrity Endors, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Ms Glow Outlate Kertososno 2022:457–63.

[5] Aradatin SA Al, Muslih B, Meilina R. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Angkatan 2017 UNP Kediri). Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2021:757–67.

[6] Tohari A, Ramadhani RA, Muslih B, Kurniawan A. Structural Equation Modeling: Taxpayer Compliance of Msmes in Kediri City. Rev Gest Soc e Ambient 2024;18:1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n7-078.

[7] Sarumaha M, Halawa VPS, Sugiharto B. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow Dengan Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna Ms Glow Di Kota Medan). J Dunia Pendidik 2024;4:1309–29. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i3.2083.

[8] M OM, Rowena J. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta. J BINA Manaj 2019;7:161–70. https://doi.org/https://doi.org/10.52859/jbm.v7i2.48.

[9] Setiowati N, Farida I. Pengaruh Word Of Mouth, Persepsi Harga, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang Hand & Body Vaseline di Kota Semarang. Econ Digit Bus Rev 2024;5:439–52. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v5i1.1052.

[10] Prasetyo MM, Wibowo S. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang. J Manaj Din 2023;1:62–79. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.14.

[11] Cahayati FSA, Wijayanti RF. Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. J Apl Bisnis 2024;10:177–83. https://doi.org/https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4457.

[12] Epriyanika. Pengaruh iklan dan brand image terhadao minat beli konsumen pada skincare ms glow sintang. J Equilib Manaj 2023;9:6. https://doi.org/https://doi.org/10.54035/jem.v10i2.

[13] Yuliana R, Pantawis S. Pengaruh Kualitas Produk dan Green Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Skincare di Kota Semarang. J Econ Bank 2022;4:79–86. https://doi.org/10.35829/econbank.v4i1.164.

[14] Wiryani EA, Farida F. Analisis Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Ulang Produk. J Ilmu Sos Manajemen, Dan Akunt 2022;1:717–24. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i5.217.

[15] Sugiyono. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.

[16] Ghozali. Aplikasi Analisis Mutivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. Semarang: 2018.

[17] Endang A, Napitulu EV. Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Scarlett Whitening Di Jakarta Timur. J Ilm Hosp 2023;12:609–18. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.2973.

[18] Rahmi MA, Surianto M agung. Pengaruh Kelompok Referensi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Produk Scarlett Whitening. J Bisnis Manaj Dan Kewirausahaan 2024;5. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i2.9046.

[19] Nugroho A, Soliha E. Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Celebrity Endorsement. J Ekon Syariah 2024;7:226–42. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1348.

[20] Pangestu AD, Untari DT, Andiran. Pengaruh Iklan , Citra Merek , Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah ( Survei Pada Mahasiswa Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ). J Ilm Ekon Dan Manaj 2024;2:314–24. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jiem.v2i8.2292.

[21] Dwiyanti NM, Mitariani N wayan E, Hendrawan IGY. Pengaruh Band Image,Persepsi Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wardah Di Kota Denpasar. J Emas 2024;5:86–91. https://doi.org/https://doi.org/10.32511/tourism.v2i1.318.

[22] Nurjamad MA, Maretha VPP. Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian The effect of Advertising and Product Quality on Avoskin Product Purchasing Decisions of PT Sanbe Farma Employees at the Cimahi Branch. J Econ Bus 2024;2:23–36. https://doi.org/10.58818/ijeb.v2i2.79.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Anggraini, C. R., & Damayanti, S. (2025). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SKINCARE DAVIENA MELALUI KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN IKLAN. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 938-945. https://doi.org/10.29407/xkw51k91

Similar Articles

11-20 of 405

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>