IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNISPADA TONEETO’S KITCHEN & COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.29407/ytz1q860Keywords:
Digital marketing, Instagram, Segmenting Targeting Positioning, Strategi BisnisAbstract
Tujuan penelitian ini ialah mengimplementasi penerapan digital marketing melalui media sosial Instagram, sebagai bentuk strategi pemasaran dan perkembangan bisnis, dengan menekankan analisa Segmenting Targeting Positioning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan fokus penelitian pada media sosial instagram. Data informasi yang diperoleh bersumber dari wawancara dengan pihak penanggung jawab Toneeto’s Kitchen & Coffee, serta dokumentasi kunjungan pengguna akun instagram (instagram analystic) pada media sosial instagram Toneeto’s Kitchen & Coffee. Berdasarkan analisis data penelitian, menunjukkan hasil penelitian diantaranya, Toneeto’s Kitchen & Coffee menerapkan perlakuan bisnis berdasarkan Segmenting Targeting Positioning sehinggga berhasil memperoleh pelanggan sesuai target yang direncanakan, beragam kreatifitas pada postingan sosial media Instagram milik Toneeto’s Kitchen & Coffee berhasil menarik minat pelanggan untuk mengunjungi akun Instagram tersebut, sehingga berpengaruh dalam kenaikan jumlah pelanggan yang berkunjung pada Toneeto’s Kitchen & Coffee, serta adanya fokus pemanfaatan media sosial Instagram merupakan bentuk keberhasilan dalam strategi bisnis.
References
[1] S. Arindra Tuffahati and I. Nugraha, “Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Campaign Strategy (Studi Kasus: Tokopedia),” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 06, no. 2, pp. 129–144, 2023, [Online].
[2] Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPKhttp://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
[3] P. Az-Zahra and A. Sukmalengkawati, “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 2008–2018, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2573.
A. A. Adam, R. S. Wenas, and F. G. Worang, “Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 10, no. 2, pp. 1187–1194, 2022, doi: 10.35794/emba.v10i2.41411.
[4] Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, and Wulan Dari, “Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing,” Pros. Semin. Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 294–300, 2021.
[5] R. P. Santoso, L. S. R. Ningsih, and W. Irawati, “Implementation Of Segmenting Targeting And Positioning Strategies In Improving Marketing Performance,” BIMA J. Bus. Innov. Manag., vol. 6, no. 2,
[6] pp. 280–292, 2024, doi: 10.33752/bima.v6i2.5939.
A. Taufiqurrahman and A. Winarno, “Implementation of Segmenting , Targeting , Positioning in Increasing Buying Power towards Costumer Satisfaction : A Conceptual Review,” vol. 4, no. 5, pp. 2237– 2248, 2025.
[7] E. D. Astuti, “Perencanaan Strategi Bisnis dengan Penerapan Corporate Entrepreneurship dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan Studi Empiris Pada : UKM Industri Pakaian Jadi Kota Bekasi,” J. Lentera Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 6, 2019, doi: 10.34127/jrlab.v8i1.260.
A. Muqaffi, “Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Proses Rekrutmen Batch 3 MaharAgung Organizer.,” Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb6 1443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think- asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
B. S. Feroza and D. Misnawati, “Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan,” J. Inov., vol. 15, no. 1, pp. 54–61, 2021, doi: 10.33557/ji.v15i1.2204.
[8] E. Tarigan, F. Fauzi, M. Ricy, E. Wandhira, and F. Nofirda, “Digital Marketing, Brand Image and
[9] Customer Loyalty at Kopi Kenangan in Pekanbaru,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 11, no. 3, pp. 657–668, 2023, doi: 10.37641/jimkes.v11i3.2159.
[10] M. Sirodjudin and Sudarmiatin, “Implementasi Digital Marketing Oleh UMKM Di Indonesia: A Scoping Review,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 20–35, 2023.
[11] N. Rizky and S. Dewi Setiawati, “Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 2, pp. 177–190, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.2.177- 190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iqbal Fahtur Rohzi, Subagyo, Dyah Ayu Paramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
