PENGARUH INFLUENCER, FEAR OF MISSING OUT, DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK VIRAL OLEH PENGGUNA TIKTOK

Authors

  • Rizky Septiana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subagyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/vf22r380

Keywords:

Influencer, Fear of Missing Out, Diskon, Pembelian Impulsif, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh influencer, fear of missing out, dan diskon terhadap pembelian impulsif produk viral oleh pengguna TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik kausalitas. Populasi penelitian ini adalah pengguna aktif TikTok yang termasuk dalam kelompok Generasi Z di Kecamatan Mojo dengan sampel penelitian sebanyak 40 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS 23. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel influencer (X1), fear of missing out (X2), dan diskon (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif produk viral.

References

[1] Shpautra DR, Akhmad I, Nofirda FA. Pengaruh Shopping Lifestyle, Influencer, dan Diskon Harga terhadap Impulse Buying pada TikTok Shop di Kota Pekanbaru. J Ilm Mhs Merdeka EMBA 2024;3:95–113.

[2] Purnomo H, Subagyo, Faisol. Marketing Efforts Through Social Media on Brand Equity and Consumer Behavior. Int J Econ Lit 2024;2:3092–102.

[3] Putri CAP, Subagyo, Widodo W. Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review Dan Cashback Promotion terhadap Minat Beli Produk pada Fitur TikTokshop. Simp Manaj dan Bisnis II 2024;2:189–98. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/h07dxp84.

[4] Tuhumena MYJ, Soeprajitno ED, Kurniawan R. Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Onde-Onde Bu Susi. Simp Manaj dan Bisnis III 2024;3:910–8. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pfdsd311.

[5] Putri IAD, Fikriyah K. Pengaruh Influencer dan Online Customer Review terhadap Pembelian Impulsif pada Produk Kosmetik Halal di Tiktok Shop. J Ilm Edunomika 2023;07:1–12. https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8062.

[6] Kurnia D, Jauhari I. Fenomena Impulse Buying: Kekuatan Live Streaming, Price Discount, dan Social Media Influencer pada Pengguna TikTok. J Ilm Multidisiplin 2024;3:122–7. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1422.

[7] Ahdiat A. Media Sosial Favorit Gen Z dan Milenial Indonesia. databoks 2024.

[8] Oktaviani M, Sari IP, Miftah Z. Pengaruh E-Commerce dan Financial Technology terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. JABE (Journal Appl Bus Econ 2023;9:281. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i3.16620.

[9] Lavenia G, Erdiansyah R. Analisis Pengaruh Influencer Marketing dan Perceived Trust terhadap Impulsive Buying Menantea. Prologia 2022;6:328–33. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15523.

[10] Firmansyah MA. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama; 2018.

[11] Wahyuni RS, Setyawati HA. Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. J Ilm Mhs Manajemen, Bisnis dan Akunt 2020;2:144–54. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457.

[12] Surbakti MKR, Wijayanto G, Pailis EA. Pengaruh Influencer, Lifestyle dan Brand Image terhadap Impulse Buying di E-Commerce (Studi Kasus pada Generasi Milenial Kota Pekanbaru). J Sos Hum Terap 2022;4.

[13] Nisa K, Wijayani QN. Peran Influencer Media Social dalam Impulsive Buying dan Konsumsi Generasi Z: Studi Kasus Marketplace Shopee. Harmon J Ilmu Komun dan Sos 2024;2:31–43. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v2i1.2297.

[14] Irawan A, Mahfudoh R, Lestari YW, Shyfa MT. Pengaruh Diskon Gratis Ongkos Kirim, Influencer, & Online Customer Review terhadap Impulse Buying Produk Fashion di E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa. Pros SEMANIS 2024;2:364–71.

[15] Uyuun SN, Dwijayanti R. Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada Mahasiswa FEB Unesa. J Ekon Manaj Pariwisata dan Perhotelan 2022;1:164–74. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.390.

[16] Fitri H, Hariyono DS, Arpandy GA. Pengaruh Self-Esteem terhadap Fear of Missing Out (FoMO) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. J Psikol 2024;1:1–21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823.

[17] Kaloeti DVS, Kurnia S A, Tahamata VM. Validation and Psychometric Properties of the Indonesian Version of the Fear of Missing Out Scale in Adolescents. Psicol Reflex e Crit 2021;34. https://doi.org/10.1186/s41155-021-00181-0.

[18] Nurjanah S, Sadiah A, Gumilar R. Pengaruh Literasi Ekonomi, Kontrol Diri, dan “FOMO”, terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Milenial. Glob Educ J 2023;1:191–206. https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.171.

[19] Muharam GM, Sulistiya D, Sari N, Fahmy Z, Zikrinawati K. Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Impulsive Buying pada Mahasiswa Kota Semarang (Studi pada Konsumen TikTok Shop). J Sunan Doe 2023;1:687–95. https://doi.org/10.58330/ese.v1i8.277.

[20] Rusni A, Solihin A. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee. J Ilm Manaj dan Bisnis 2022;7:167–79. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3841.

[21] Junata R, Roswaty, Ulum MB. Pengaruh Program Flash Sale dan Diskon terhadap Perilaku Impulsive Buying Produk Pakaian Pria dan Wanita pada Pt Jm Group Lemabang Kota Palembang. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi) 2024;10:1350–9. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2319.

[22] Haris FM, Laksono PY, Kurniawan R. Analisis Kualitas Pelayanan, Tingkat Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Syarekah Jaya Gas Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akuntasi 2021;6:1566–75.

[23] Putri FRC, Artanti Y. Pembelian Impulsif pada Marketplace: Pengaruh Personality, Price Discount dan Media Sosial. SIBATIK J J Ilm Bid Sos Ekon Budaya, Teknol dan Pendidik 2022;1:509–22. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.59.

[24] Pertiwi RA, Prasetya BP. Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop. J Bisnis dan Komun Digit 2024;1:1–9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752.

[25] Rizky A, Mulyadi D, Sungkono. Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Viral di Media Sosial pada Gen-Z (Studi Kasus di Kabupaten Karawang). Neraca J Ekon Manaj dan Akunt 2024;2:211–9.

[26] Subagyo, Ernestivita G, Rukmini M, Limantara AD. The Effect of Promotion Through Social Media on Purchase Decision with Viral Marketing as an Intervening Variable. Proc 2nd Borobudur 2021. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311670.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Septiana, R., Subagyo, & Kurniawan, R. (2025). PENGARUH INFLUENCER, FEAR OF MISSING OUT, DAN DISKON TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK VIRAL OLEH PENGGUNA TIKTOK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 602-612. https://doi.org/10.29407/vf22r380

Similar Articles

1-10 of 198

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7