ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP AKAR COFFEE WATES DI KABUPATEN KEDIRI

Authors

  • Enyzha Vrisca Citra Adzani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Diah Ayu Septi Fauji Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/v5f0vn71

Keywords:

Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Coffee Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Akar Coffee Wates di Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel pelayanan, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan, dengan pelayanan menjadi variabel paling dominan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada konteks wilayah semi-perkotaan dan penegasan bahwa pelayanan memiliki pengaruh yang lebih kuat dibanding variabel rasional lainnya. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengembangan strategi pemasaran berbasis layanan dalam sektor coffee shop lokal.

References

[1] Pramatatya V, Najib M, Nurrochmat DR. Pengaruh Atmosfer Kedai Kopi Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Ulang. J Manaj dan Agribisnis 2015;12:126–36. https://doi.org/10.17358/jma.12.2.126.

[2] Anwar M, Sumantri BA. Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Crf 150L Pada Komunitas Kracker Nganjuk Berdasarkan Pertimbangan Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek. Semin Nas Manaj , Ekon dan Akuntasi Fak Ekon dan Bisnis UNP Kediri 2021:37–42.

[3] Roibafi NL, Soeprajitno ED, Wihara DS. Analisis kualitas produk, promosi dan penampilan karyawan terhadap keputusan pembelian di toko kue riezza tart and brownies. Simp Manaj dan Bisnis 2022;1:133–9.

[4] Andriani Z, Nasution SMiA. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa J Ekon dan Bisnis 2023;2:210–20.

[5] Wijaya WRB, Widayati CC, Perkasa DH. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran ABC di Pantai Indah Kapuk). J Kewirausahaan dan Multi Talent 2023;1:133–42.

[6] Febriani ENA, Sumantri BA. Kepuasan pelanggan berkaitan kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan pada restoran bu eko kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akunt 2020;6:402–9.

[7] Farisi S, Siregar QR. Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio J Ilm Magister Manaj 2020;3:148–59. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941.

[8] Gofur A. Pengaruh Kualitas Pelyanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. J Ris Manaj 2019;4:266–85. https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.639.

[9] Sari DP. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). J Ilmu Manaj Terap 2021;2:524–33. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463.

[10] Aulia S, Hutauruk BM. Pengaruh Celebrity Endorser , Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Garnier ( Studi kasus pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa ) 2023;9:1182–91.

[11] Tambahani YO, Kalangi JAF, Walangitan O. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara 2021;2.

[12] Maulana AS. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. J Ekon Vol 2016;7:113–25. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240.

[13] Suharto GP, M.Si DSS. Pengaruh Gaya Hidup, Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giggle Box Cafe & Resto Semarang. J Ilmu Adm Bisnis 2021:1–65.

[14] Masadah, Asngadi, Triono Singgih C. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Syariah Di Kabupaten Jombang Yang Dimediasi Variabel Kepuasan. J Tabarru’ Islam Bank Financ 2020;3:197–208. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5808.

[15] Fahrezi AA, Fauji DAS, Paramitha DA. Analisis Klasifikasi ABC Dalam Pengendalian Persediaan Sparpart Di Kamandanu Motor. Simp Manaj dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2024;3:338–50.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Adzani, E. V. C., Fauji, D. A. S., & Kurniawan, R. (2025). ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP AKAR COFFEE WATES DI KABUPATEN KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 189-196. https://doi.org/10.29407/v5f0vn71

Similar Articles

31-40 of 413

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>