FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA BERSIH PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGES

Main Article Content

Jekso Ryan Pamungkas
Linawati
Mar’atus Solikah

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan dan biaya operasional terhadap laba bersih perusahaan manufaktur sub sektor food and beverages. Penelitian menggunakan pendekatan  kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling yang dilakukan terhadap 30 perusahaan terdaftar pada BEI. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi data panel  dengan uji estimasi model, uji asumsi klasik, uji estimasi model, dan uji hipotesis menggunakan software STATA-16. Penggunaan STATA lebih relevan untuk analisis data panel dikarenakan dalam analisis data panel nantinya akan diestimasi apakah model common effect, fixed effect atau random effect yang paling sesuai untuk penelitian tersebut. Hasil estimasi model menunjukan bahwa fixed effect yang sesuai untuk penelitian ini, dengan hasil analisis hipotesis bahwa secara parsial pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. Biaya operasional secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. Dan terakhir secara simultan pendapatan dan biaya operasional berpengaruh terhadap laba bersih dengan varian pengaruh sebesar 19%, dan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh variabel lain.

Article Details

How to Cite
Pamungkas, J. R., Linawati, & Solikah , M. . (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LABA BERSIH PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR FOOD AND BEVERAGES. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 927–933. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/847
Section
Articles

References

Hery, Cara Mudah Memahami Akuntansi: Inti Sari Konsep Dasar Akuntansi, Ke-9. Jakarta: Prenada Media Group, 2012.

H. Simamora, Pengantar Akuntansi II. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Rudianto, Pengantar Akuntansi Konsep dan Tekhnik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga, 2012.

M. L. Wardiyah, Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Pustaka Media, 2017.

Yelsha Dwi Pasca, “Pengaruh Pendapatan Usaha Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Survey Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia,” vol. 4, no. 9, pp. 163–173, 2019.

H. Sa’diya, Maslichah, and Afifudin, “Pengaruh pendapatan usaha dan beban operasional terhadap laba bersih pada perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2017,” E-Jra, vol. 08, no. 10, pp. 56–67, 2019.

E. Sukmawati, “Pengaruh Pendapatan Dan Beban Perusahaan Terhadap Laba Pada Pt Beta Mandiri Wiradana Prabumulih,” vol. 6, no. 1, pp. 11–23, 2020.

https://www.en.globalstatistik.com/analisis-data-panel-dengan-eviews-dan-stata/

https://skripsimalang.com/artikel-skripsiyuk-com/perbandingan-kelebihan-dan-kekurangan-spss-eviews-dan-excel-dalam-pengolahan-data-statistik/

https://industri.kontan.co.id/news/penjualan-sentra-food-food-turun-2510-pada-2020-terimbas-pandemi-covid-19

https://industri.kontan.co.id/news/industri-makanan-dan-minuman-masih-mengalami-pertumbuhan-di-kuartal-iii-2019

Most read articles by the same author(s)