PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI KANTOR DLHKP KOTA KEDIRI

Main Article Content

Puput Ayu Malinda
Dian Kusumaningtyas
Sigit Wisnu Setya Bhirawa

Abstract

Setiap jenis pekerjaan selalu dihadapkan dengan berbagai risiko, baik risiko terhadap tenaga kerja, alat kerja maupun material kerja. Penelitian ini dilakukan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) di Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah Studi Kasus. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kota Kediri telah direncanakan dan diterapkan dengan baik. Hal tersebut terlihat dari hasil wawancara, observasi serta kelengkapan prosedur-prosedur untuk mengatur terlaksananya pekerjaan dengan aman dan efisien.

Article Details

How to Cite
Malinda, P. A., Kusumaningtyas, D., & Bhirawa, S. W. S. (2021). PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI KANTOR DLHKP KOTA KEDIRI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1616–1620. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/795
Section
Articles

References

Aldin, A. 2018. Analisa Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja (SMK3) Di Pusat Listrik Lueng Bata (PLLBT) Kota Banda Aceh.

Asiah, N. 2020. Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Darwati 2015. Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Cintyaprees.

Fitriana, L. 2015. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT Ahmadaris Kabupaten Tegal Tahun 2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ilfani, G. and & Nugraheni, R. 2013. Analisis Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.

Indartono, S. 2012. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kahfi, A. 2016. Perlindungan Hukum Tenaga Kerja. jurnal UIN Alauddin, 3.

Kuswana, W.S. 2014. Ergonomi dan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Novianto, N.D. 2015. Penggunaan Alat Pelindung diri pada Pekerja Pengecoran logam. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Pangkey, F. 2012. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( SMK3 ) Pada Proyek Konstruksi Di Indonesia ( Studi Kasus: Pembangunan Jembatan Dr . Ir . Soekarno-Manado ). 2(2).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2