ANALISIS MANAJEMEN DAN FINANCIAL UNTUK MENILAI KESEHATAN KSP SAKTI KOTA KEDIRI

Main Article Content

Sigit Puji Winarko
Mohammad Tawakal Al Faruq

Abstract

Abstrak


Kesehatan suatu koperasi mencerminkan kesejahteraan anggota yang sekaligus pemilik koperasi. Jika koperasi sehat maka dapat dikatakan anggotanya sejahtera dan sebaliknya jika koperasi dalam kondisi tidak sehat atau dapat kriteria dalam pengawasan khusus dapat dipastikan anggota koperasi tersebut tidak sejahtera. Demikian juga halnya KSP SAKTI pada tahun 2020 apakah kondisi koperasinya sehat secara keseluruhan atau tidak, bagaimana kondisi manajemen dan keuangannya ? maka berangkat dari sini peneliti tertarik untuk meneliti kondisi KSP SAKTI Kota Kediri. Dalam analisisnya menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif dengan berpedoman pada (Permen UMK, 2016) sehingga didapat hasil bahwa permodalan sangat baik, kualitas aktiva produktif dalam kondisi yang baik meski cadangan resiko masih kurang, manajemen secara umum bagus, baik kelembagaan maupun keuangannya. Untuk efisiensi opersional bagus sementara efisiensi usaha kurang, kondisi likuiditas masih kurang. Sedangkan untuk kemandirian dan pertumbuhan masih kurang dan masih perlu ditingkatkan, jati diri koperasi sangat bagus dan bermanfaat. Secara keseluruhan KSP SAKTI dalam kondisi cukup sehat.

Article Details

How to Cite
Winarko, S. P., & Al Faruq, M. T. . (2021). ANALISIS MANAJEMEN DAN FINANCIAL UNTUK MENILAI KESEHATAN KSP SAKTI KOTA KEDIRI. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1201–1210. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/745
Section
Articles

References

Hodsay, Z., & Yolanda, Z. (2019). Analisis Penilaian Kesehatan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sejahtera SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jurna Profit, 6, 114–125.

Munir, M., & Indarti, I. (2011). Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Pada Koperasi Simpan Pinjam “ Cendrawasih ” Kecamatan Gubug Tahun Buku 2011 The Analysis Of Health Level Of Koperasi Simpan Pinjam District Gubug in 2011. Analisis Tingkat Kesehatan Koperasi Pada Koperasi Simpan Pinjam “Cendrawasih” Kecamatan Gubug Tahun Buku 2011, 2008, 1–23.

Permen UMK, N. 06/Per/M. K. (2016). Permen Koperasi Nomor : 06/Per/Dep.6/IV/2016.

Salman, K. R., & Farid, M. (2016). Akuntansi Manajemen Alat Pengukuran dan Pengembilan Keputusan Manajerial (cetakan 1). Indeks, Jakarta.

UU, N. 25 T. 1992. (1992). Undang-undang No 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Most read articles by the same author(s)