ANALISIS PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK REKLAME, DAN PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR

Main Article Content

Doni Pradana
Diah Nurdiwati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak potensi yang cukup besar dalam wisata dan potensi kekayaan daerahnya. Dengan potensi tersebut tentu saja memiliki konsekuensi penerimaan pada daerahnya. Pajak daerah merupakan bentuk pendapatan yang diterima dari potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut untuk dapat digunakan bagi pembangunan.


Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame dan Pajak Penerangan Jalan secara parsial mempunyai peran yang berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah? (2) Apakah Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame dan Pajak Penerangan Jalan secara simultan mempunyai peran yang berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah?.


Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kuantitatif.  Data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data sekunder yang diperoleh dari data laporan Realisasi APBN diperoleh dari situs Direktorat Jendral Keuangan Daerah Departemen Dalam Negeri (www.djpk.depkeu.go.id) dengan periode 2013-2016. Sedangkan untuk pengujian  data  menggunakan analisis  regresi  linier  berganda  dengan  asumsi  klasik  menggunakan SPS S  for windows v.23. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame dan Pajak Penerangan Jalan secara parsial berpengaruh dalam Penerimaan Pajak Daerah. (2)  Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame dan Pajak Penerangan Jalan secara simultan berpengaruh dalam Penerimaan Pajak Daerah.

Article Details

How to Cite
Pradana, D. ., & Nurdiwati, D. . (2018). ANALISIS PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK REKLAME, DAN PAJAK PENERANGAN JALAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 170–181. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/558
Section
Articles

References

Awaliyah, F. 2015. Pengaruh Pendapatan Pajak Reklame dan Pajak Penerangan Jalan terhadap Penerimaan Pajak Daerah (Studi Kasus pada PPKAD Kabupaten Tegal) Periode 2011-2014. Jurnal Ekonomi. Universitas Dian Nuswantoro.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 5. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Purwanto, S.A. 2016. Pengaruh Pajak Reklame Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Berau. Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 10, No.1. STIE Muhammadiyah Tanjung Redeb.

Rizqiyah, I. 2014. Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, dan Pajak Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang (2009- 2013). Universitas Dian Nuswantoro.

Most read articles by the same author(s)