Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa saat ini terjadi penurunan minat mahasiswa terhadap organisasi kemahasiswaan. Kendala yang menghadapi kemahasiswaan organisasi selama pelaksanaan kegiatan pengembangan keterampilan yaitu kendala secara internal dan eksternal. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan softskill mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan dan manfaat yang diperoleh saat mengikuti organisasi kemahasiswaan di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan studi kasus yang mana pengumpulan data menggunakan triangulasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pengembangan softskill mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri melalui organisasi kemahasiswaan sudah mengalami pengembangan yang baik namun belum terlalu signifikan, karena hal ini tergantung dengan kemauan dari pribadi masing-masing ingin mengembangkan softskillnya atau tidak. Karena di organisasi sendiri sudah mewadahi siswa untuk mengembangkan dirinya terutama pada softskillnya.
References
R. Kartika Dewi, “Pengertian, Makna, dan Alasan Manusia Disebut Sebagai Makhluk Sosial,” Kompas.com. [Online]. Available: https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/02/150000569/pengertian-makna-dan-alasan-manusia-disebut-sebagai-makhluk-sosial
M. Al Farabi, “Seberapa Penting Eksistensi Organisasi dalam Kehidupan Kita? Yuk Kenali,” kompasiana.com. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/200108110034muhammadalfarabi/5f7884c68ede486b533dd8c3/seberapa-penting-eksistensi-organisasi-dalam-kehidupan-kita-yuk-kenali?page=all
J. Ginting, “Pengembangan Skill Mahasiswa Melalui Organisasi Kemahasiswaan,” riauonline.co.id. [Online]. Available: https://www.riauonline.co.id/riau/read/2021/12/20/pengembangan-skill-mahasiswa-melalui-organisasi-kemahasiswaan
Ayu, “2 Jenis Organisasi Mahasiswa,” organisasi.co.id. [Online]. Available: https://organisasi.co.id/organisasi-mahasiswa-2-jenis-dan-pengertiannya/
M. Z. S. Harahap, “Pengaruh Organisasi Intra Kampus Terhadap Prestasi Mahasiswa,” J. Ilm. Dalam Bid. Pendidik., vol. 02, no. 01, 2019.
R. Y. Lestari and T. Kurniawati, “Peranan Organisasi Kemahasiswaan dalam Pengembangan Soft Skill Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang ),” vol. 7, pp. 17955–17962, 2023.
Wikipedia, “Universitas Nusantara PGRI Kediri,” id.wikipedia.org. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Nusantara_PGRI_Kediri
Admin, “Informan dan Teknik Pemilihan Informan dalam Penelitian Kualitatif,” Bungfei.com. [Online]. Available: https://www.bungfei.com/2020/08/informan-dan-teknik-pemilihan-informan.html
Salmaa, “Reduksi Data: Pengertian, Tujuan, Langkah-Langkah, dan Contohnya,” penerbitdeepublish.com. [Online]. Available: https://penerbitdeepublish.com/reduksi-data-adalah/
A. Na’ima and S. Umi Mintarti Widjaja, “Makna aktivitas berorganisasi bagi mahasiswa aktivis jurusan ekonomi pembangunan UM angkatan 2018,” J. Ekon. Bisnis dan Pendidik., vol. 1, no. 7, pp. 687–693, 2021, doi: 10.17977/um066v1i72021p687-693.
M. Riadi, “Soft Skill (Pengertian, Manfaat, Komponen dan Faktor yang Mempengaruhi),” kajianpustaka.com. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2020/08/soft-skill-pengertian-manfaat-komponen-dan-faktor-yang-mempengaruhi.html
L. C. Theodora, “4 Manfaat Mengikuti Organisasi Kampus untuk Mahasiswa Kuliah,” Universitas Multimedia Nusantara. [Online]. Available: https://www.umn.ac.id/4-manfaat-mengikuti-organisasi-kampus-untuk-mahasiswa-kuliah/