OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA

Main Article Content

Subagyo Subagyo

Abstract

Globalisasi merupakan suatu peluang, tetapi juga menjadikan ancaman dalam dunia bisnis. Akan menjadi peluang bilamana para wirausahawan memiliki daya saing yang tinggi, dan sebaliknya hanya akan menjadi penonton bilamana tidak mampu meningkatkan daya saing di tengah persaingan yang kompetitif. Salah satu solusi untuk menciptakan wirausa-wirausaha tangguh adalah melalui pembelajaran kewirausahaan yang berkualitas dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi akan menghasilkan wirausaha-wirausaha tangguh jika dapat merubah atau menyeimbangkan arah kebijakan perguruan tingginya dari high learning university dan research university menjadi entrepreneurial university. Dengan perubahan paradigma tersebut akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda yang mandiri, unggul dan berdaya saing di tengah ekonomi global.

Article Details

How to Cite
Subagyo, S. (2018). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 336–344. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/477
Section
Articles

References

Barmana, M,A. 2011. Peningkatan MSS (Market Share Of Sharia) dalam Menghadapi Mea (Masyarakat Ekonomi Asean) 2015 Melalui IM (Islamic Microfinance ) dan IB (Islamic Banking) di Indonesia. Yogyakarta

Charney, A., Libecap, G.D. 2000. Impact of Entrepreneurship Education: Kauffman Center for Entrepreneur Leadership.

Hakim Dhikrul. 2012. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Competitive Advantage,Vol. 1 No. 2

Thn 2012

Harjito, D, A. 2010. Perubahan Musiman (Seasonality) Pasar Modal dan Efek Kontagion di Negara-Negara Asean. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 14, No. 1, Hal: 1–18.

Imaroh Tukhas Shilul. 2014. Pendidikan Entrepreneurship Sebagai Strategi Peningkatan Data Saing Bangsa Dalam Menghadapi AEC. Malakalah disampaikan pada Seminar Naisonal Antisipasi Kebijakan perpajakan dalam Menghadapi AEC 2015. 15

Februari 2014.

Kementerian Pendidikan Nasional.2010.

Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk DayaSaing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Koesrianti. 2013. Pembentukan Asean Economic Community (AEC) 2015: Integrasi Ekonomi Berdasar Komitmen Tanpa Sanksi. Jurnal Law Review, Volume XIII, No. 2.

Lemhannas. 2013. Peningkatan Peran Indonesia dalam ASEAN Framework On Equitable Economic Development (EED) dalam rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, Edisi 16, November 2013.

Mariyati Wiwik. 2012, Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Entrepreneurship Untuk Mengembangkan Wirausahawan Kecil Menghadapi Persaingan Global, Prosiding Seminas

Competitive Advantage Vol. 1 No. 2

Thn 2012

Muhadjir Noeng. 1995. Problematika pendidikan menghadapi tantangan tahun 2020.Makalah Pada Seminar HIPISS Cabang Yogyakarta di UGM tanggal 24 oktober 1995.

Nagel, F & Julius, P. 2012. Peluang dan Tantangan UKM Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Surabaya.

Nuh, Muhammad. 2011. Sambutan Menteri Pendidikan Nasional pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011. May 2, 2011.

Porter, Michael .E. 1992. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.

Ramadhani, F & Arifin, Y. 2013.

Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E- Commerce Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, Vol. 2, No.2.

Roida, H, Y. et all. 2010. Internasionalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ditinjau Dari Tipe Kepemilikan: Studi Empiris Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, Tahun 3, No. 2.

Sholeh. 2013. Persiapan Indonesia Dalam Menghadapi Aec (Asean Economic Community) 2015. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, Volume 1, Nomor 2, hal : 509-522.

Subagyo. 2013 Analisis Pengaruh Karakter, Pembelajaran, dan Kompetensi Wirasuahawan terhadap Keanggulan Bersaing dan Kinerja UMKM di Kota Kediri. Desertasi, Universitas Merdeka Malang.

Suparyadi. 2003. Membangun Keunggulan Bersaing Industri Kecil Gula Merah Tebu (IKGMT) : Kiat Bersaing Di Pasar Ekspor. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 8, No. 2.

Umar, S. 2008. Implementasi Knowledge Management pada UMKM Indonesia untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Dunia Internasional. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 12, No. 2, Hal: 149–160.

Wahyoedi,T. 2000. The New Growth Theory: Peranan Ilmu Pengetahuan dan Investasi Sumber Dya Manusia Sebagai Pemacu pertumbuhan Ekonomi, Ukrida Press. Jakarta.

Wahyudin, D. 2015. Peluang atau Tantangan Indonesia Menuju Asean Economic Community (AEC) 2015.

Wiyadi & Shahadan, F. 2009. Kinerja dan Kesiapan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pemrosesan Makanan Di Indonesia dan Malaysia Menghadapi Tantangan Globalisasi.

Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber

Daya, Vol. 10, No. 2.

Wiyadi. 2009. Pengukuran Indeks Daya Saing Industri Kecil Menengah (Ikm) Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 13, No. 1, Hal: 77–92.

Nuh, Muhammad. 2011. “Sambutan Menteri Pendidikan Nasional pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011

Senin, 2 Mei 2011”.

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas.2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan; Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Winoto Tj. 2009. Daya saing SDM Indonesia Menghadapai ACFTA. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Vol

No 3. Sept 2009 hal. 155-160.

Referensi dari websites:

Gunklateen. 2013. Pengertian Komunitas Asean. http://asean.gunklaten.com/2013/06/Pe ngertian-Komunitas-ASEAN-

html. (Retrieved on February 7,2018)

Bisnis Keuangan. 2013. Daya Saing Indonesia Naik ke Posisi 38. http://bisniskeuangan.kompas.com/rea d/2013/09/04/1459046/Daya.Saing.Ind onesia.Naik.ke.Posisi.38. (Retrieved on February 7, 2018)

Bisnis Liputan 6. 2015. RI Kalah Kompetitif dari Malaysia dan Thailand. https://bisnis.liputan6.com/read/20539

/ri-kalah-kompetitif-dari-malaysia- dan-thailand. (retrieved on February 7,

Prahasty, Dwiratna. 2015. Kesiapan UKM Indonesia untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kualitas Diri dalam Menghadapi ASEAN Economic Community. https://dwiratnaprahasty.wordpress.co m/2014/07/22/kesiapan-ukm-di- indonesia-untuk-meningkatkan-daya- saing-dan-kualitas-diri-dalam- menghadapi-asean-economic- community-aec-2015/. (Retrieved on February 7, 2018)

Kompasiana. 2014. Meningkatkan Daya Saing SDM Melalui Pendidikan. http://edukasi.kompasiana.com/2014/0

/03/meningkatkan-daya-saing-sdm- melalui-pendidikan-672478.html. (Retrieved on February 8, 2018)