Pengembangan Media Interaktif dalam Materi Mengenal Pasangan Bilangan Kelas 1 SDN Tanjung Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29407/2n7f7e70Keywords:
Media Interaktif, Canva, Pasangan Bilangan, Pembelajaran Matematika, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN Tanjung dalam memahami konsep pasangan bilangan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang monoton, media yang terbatas, serta rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi matematika dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 67,1% (kategori valid), dan dari ahli media sebesar 88% (kategori sangat valid). Uji kepraktisan memperoleh skor 88,2% dari guru dan 91,6% dari siswa (kategori sangat praktis). Efektivitas media ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar siswa, dengan 90% siswa tuntas setelah menggunakan media. Dengan demikian, media interaktif berbasis Canva terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pasangan bilangan di kelas I sekolah dasar.
References
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Munir. (2015). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, A. & Faiza, R. (2019). Desain Media Pembelajaran Berbasis Canva. Jurnal Garis Pelangi, 5(1), 80–90.2213
Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Tema Kayanya Negeriku. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 65–74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reta Wulan Febriana, Abdul Aziz Hunaifi, Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
