Pengembangan Media Interaktif dalam Materi Mengenal Pasangan Bilangan Kelas 1 SDN Tanjung Kabupaten Kediri

Authors

  • Reta Wulan Febriana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/2n7f7e70

Keywords:

Media Interaktif, Canva, Pasangan Bilangan, Pembelajaran Matematika, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva guna meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN Tanjung dalam memahami konsep pasangan bilangan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang monoton, media yang terbatas, serta rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi matematika dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
 Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 67,1% (kategori valid), dan dari ahli media sebesar 88% (kategori sangat valid). Uji kepraktisan memperoleh skor 88,2% dari guru dan 91,6% dari siswa (kategori sangat praktis). Efektivitas media ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar siswa, dengan 90% siswa tuntas setelah menggunakan media. Dengan demikian, media interaktif berbasis Canva terbukti valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pasangan bilangan di kelas I sekolah dasar.

References

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Munir. (2015). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, A. & Faiza, R. (2019). Desain Media Pembelajaran Berbasis Canva. Jurnal Garis Pelangi, 5(1), 80–90.2213

Wahyuni, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Tema Kayanya Negeriku. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 65–74.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Media Interaktif dalam Materi Mengenal Pasangan Bilangan Kelas 1 SDN Tanjung Kabupaten Kediri. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 2209-2213. https://doi.org/10.29407/2n7f7e70

Similar Articles

31-40 of 551

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>