Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Wujud Benda dan Perubahannya untuk Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.29407/8jg7er76Keywords:
media pembelajaran interaktif, wujud benda dan perubahannyaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Mrican 2 Kediri pada materi wujud benda yang berada di bawah standar ketuntasan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa di kelas IV. Data diperoleh melalui angket validasi ahli materi dan media, angket respon guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor 89% dengan kategori “Sangat valid” yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Kepraktisan media mendapatkan skor 86,7% dari angket respon siswa dan 90% dari angket respon guru dengan kategori “Sangat Praktis”. Siswa melaksanakan uji tes dengan mendapatkan rata-rata nilai bahwa nilai posttest lebih tinggi dari pretest yaitu 84,7 > 56,2, serta ketuntasan belajar klasikal yang mendapatkan skor 81% dengan kategori ”Sangat efektif”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak digunakan serta meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.
References
Amelia, D., Jayanti., Suryani, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 80 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 797-810.
Kamila, Z., Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72-83.
Rihani, A. L., Maksum, A., Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur : Media Interaktif Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(2), 123- 131.
Soesilo, A., Munthe. A. P. (2020). Pengembangan buku teks matematika kelas 8 dengan model ADDIE. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3) 232- 243.
Wahab, G., Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu : Penerbit Adab.
Watri., dkk. (2023). Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Pekanbaru : Taman Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Martha Dwi NugraHanti, Muhamad Basori, Karimatus Saidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
