Kepraktisan Multimedia Interaktif Bermuatan E-Puzzle Berbasis Kearifan Lokal Kota Trenggalek Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV

Authors

  • Nur Laili Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/hbw0tp19

Keywords:

kepraktisan, multimedia interaktif, e-puzzle, kearifan lokal

Abstract


 Media pembelajaran yang praktis menjadi kunci keberhasilan proses belajar mengajar, terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepraktisan multimedia interaktif bermuatan e-puzzle berbasis kearifan lokal Kota Trenggalek dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Ngrambingan. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan Teknik Pengumpulan data melalui angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase respon guru sebesar 94% dan respon siswa sebesar 97%. Sehingga Multimedia Interaktif Bermuatan E-Puzzle berbasis Kearifan Lokal kota Trenggalek sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran materi Indonesiaku Kaya Budaya.

References

Ambaria, A., Nurmilawati, M., & Zunaidah, F. N. (2023). Analisis Validasi dan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pecahan pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Kecamatan Semen. Efektor, 10(2), 274–284. https://doi.org/10.29407/e.v10i2.20920

Dewi, D. A., Siregar, R. M., & Ahmad, A. (2024). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.

Khasanah, N., Putri, R. N., & Hidayat, S. (2024). Urgensi Media Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Melliana, S. G., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Media E-Puzzle Pada Materi Lambang Negara “Garuda Pancasila” Kelas III Sekolah Dasar. Jpgsd, 1930–1941.

Nurlaeli, A., Fajar, W. N., & Sadeli, E. H. (2023). The Development of E-Puzzle Learning Media on the Bhinneka Tunggal Ika Topic in Shaping the Profile of Pancasila Students in Grade X of MAN 1 Banyumas. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 50–57.

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.882

Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata kuliah pembelajaran terpadu. Journal PINUS, 3(1), 32–40.

Rahma, R. A. N., Nurmilawati, M., Primandiri, P. R., & Sulistiono, S. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 1 Kediri Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 8(2), 64–71. https://doi.org/10.29407/jbp.v8i2.16924

Shella Rhodinia, Selly Triamanda, Bagus Setiawan, & Abdul Aziz. (2023). Permalasahan Media Pembelajaran IPS Yang Kurang Variatif Dan Strategi Pemecahannya. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 2(1), 25–37. https://doi.org/10.59246/aladalah.v2i1.613

Wulandari, A., & Yuliandari, R. N. (2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Puzzle Lingkaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Integration and Development, 3(1), 13–25.

Downloads

Published

2025-07-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kepraktisan Multimedia Interaktif Bermuatan E-Puzzle Berbasis Kearifan Lokal Kota Trenggalek Materi Indonesiaku Kaya Budaya Kelas IV. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1703-1709. https://doi.org/10.29407/hbw0tp19

Similar Articles

1-10 of 158

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>