Penanaman Karakter Sopan Santun Melalui Pembiasaan Pagi Berbahasa Krama Siswa Kelas IV SDN Petungroto
DOI:
https://doi.org/10.29407/xg02nk12Keywords:
karakter sopan santun, pembiasaan, jawa kramaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi lunturnya moral siswa akibat perkembangan zaman. Siswa mengalami kemerosotan moral khususnya sopan santun. Di SDN Petungroto menerapkan pendidikan karakter sopan santun melalui pembiasaan pagi berbahasa Jawa krama . Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembiasaan pagi berbahasa Jawa krama SDN Petungroto? (2) Mendeskripsikan pembiasaan pagi berbahasa Jawa krama dapat menanamkan karakter sopan santun siswa kelas IV SDN Petungroto? (3) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pembiasaan berbahasa Jawa krama sebagai sarana pendidikan karakter sopan santun siswa kelas IV SDN Petungroto?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Penerapan pembiasaan dilakukan melalui kegiatan rutin, spontan, terprogram dan keteladanan (2) Melalui pembiasaan pagi berbahasa Jawa krama dapat menanamkan karakter sopan santun siswa kelas IV SDN Petungroto (3) Faktor penghambat pembiasaan adalah kebiasaan di rumah dan perkembangan gadget sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya poster dan antusias siswa yang tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembiasaan pagi berbahasa Jawa krama efektif untuk menanamkan karakter sopan santun siswa.
References
Handayani, T.,& Endang Hangestiningsih. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa Di SDN Karangmulyo Yogyakarta. Trihayu: Jurnal
Pendidikan Ke-SD-an, 4(3), https://core.ac.uk ,
Natanti, S.E., Ika, A.P., & Muhammad, A.F. 2023. Nilai Karakter Sopan
Santun Dalam Pembiasaan Berbahasa Jawa Anak Usia
Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Educatio, 9(2):
558, https://ejournal.unma.ac.id/.
Trisnawati, W., & Fauziah, P. (2019). Penanaman nilai karakter melalui pembiasan berbahasa jawa pada anak usia dini di desa
tanggeran, kabupaten banyumas. Cakrawala Dini: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 93-100.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.
ALFABETA.
Hidayat, T., & Purwokerto, U. M. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus, 3(1), 1-13, https://www.researchgate.net.
Syafrilianto & Mulana, A. L. (2022). MICRO TEACHING DI SD/MI
Integration 6C (Computational Thinking, Creative, Critical
Thinking, Collaboration, Communication, Compassion).
Yogyakarta : Samudra Biru, https://books.google.co.id.
Sadiman. (2018). Menjadi Guru Super. Jakarta: Bumi Aksara.
Herlina, L., & Nurlaely. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah : Menciptakan Sekolah Berkarakter Melalui
Pembiasaan Membaca Kitab Suci, Adiwiyata, Literasi, dan
Olahraga Sehat. "REALITY" School (Read the Holy Book,
Adiwiyata, Literacy, and Healthy Exercise). Bandung:
Indonesia Emas Group, https://www.google.co.id/books.
Karwati, L., dkk. (2024). Pendidikan Keluarga. Madiun: Bayfa Cendikia
Indonesia, https://www.google.co.id/books.
Seliana, Y., Hakim, A., & Rasyid, M. (2024). Implementasi Pembiasaan Shalat Sunnah Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Sikap Disiplin Siswa Smp Kartika Xix-I Siliwangi Bandung. In Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1) ,73-79, https://scholar.google.com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ajeng Ana Rekina, Novi Nitya Santi, Abdul Aziz Hunaifi, Atria YUdi Eltanindya, Dewi Nur Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
