Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ular Tangga Materi Keragaman Budaya Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas V SD Negeri Mojo

Authors

  • Bintang Cahya Romanti UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Frans Aditia Wiguna UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
  • Kukuh Andri Aka UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.29407/wn922p83

Keywords:

learning media, interactive snakes and ladders, cultural diversity, media development, PPKN, Media pembelajaran, ular tangga interaktif, keragaman budaya, pengembangan media

Abstract

This study aims to develop interactive learning media in the form of snakes and ladders games in PPKN subjects in class V-b Sd Negeri Mojo, especially on cultural diversity material. This study uses the Research and Development (R&D) method with the development of the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The results of the study showed that the media developed was very valid. The results of the media validity test validation obtained a percentage of 88%, while the results of the material validation test obtained a percentage of 86%. The results of the media practicality trial were stated to be very practical. Based on the teacher response questionnaire, the percentage was 86%, while the student response questionnaire obtained a percentage of 94.2%. Meanwhile, the results of the effectiveness test stated that the media was stated to be very effective and able to improve student understanding. The results of the limited trial conducted on 7 students obtained a percentage of 100%, while the extensive trial obtained a percentage of 90%. So the interactive snakes and ladders learning media is said to be effective and feasible to use in learning.

References

Angely, O., Ramadani, N., Chandra Kirana, K., Astuti, U., & Marini, A. (2023). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 6). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Asiah, N., Shawmi, A. N., Megantara, S., & Wibowo, D. R. (2021b). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Dewi, P., MZ, A. F. S. A., & Kharisma, A. I. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Berbasis Digital pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(5), 1953–1964. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5419

Dewi, R., Dida, S., Lusiana, E., & Yuliani, R. (2024). Permainan Ular Tangga sebagai Media Sosialisasi Kebiasaan Hidup Sehat di SDN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.24198/kumawula.v7i2.54505

Diana, O., Putri, N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 2). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Efendi, F. N., Warsono, W., & Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 75. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10175

Firmadona, F. (2025). EFEKTIVITAS PERMAINAN INTERAKTIF ULAR TANGGA TERHADAP PENCEGAHAN TERJADINYA BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 134-142.

Guntoro, M., Kurniawan, Z., & Rosalina, M. (n.d.). WARISAN BUDAYA DAN PENGEMBANGAN SENI KREATIF Cultural Heritage And Creative Arts Development. Barakuda, 45(2), 274–280. https://doi.org/10.47685/barakuda45.v4i2.319

Guru di Kelas Wasiyah, M., fitriana, Y., & Bakara, T. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Aktivitas. 4, 205–212. http://jurnaledukasia.org

Ilham, A., Rivai, S., Abdullah, G., Basalamah, N., Pendidikan, J., & Sekolah Dasar, G. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN 2 Telaga Jaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 901(4). https://doi.org/10.37905/dikmas.3.4.901-914.2023

Lamada, H., Abdullah, G., Arif, R. M., Panai, A. H., Arifin, V. M., Guru, P., & Dasar, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULTRA (ULAR TANGGA INTERAKTIF IPAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. 2(3), 1443–1454. https://doi.org/10.62335

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Marcela, R., & Aryaningrum, K. (n.d.). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. 4.

Mulia Asih, R., & Muhammadiyah Purwokerto, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 di Kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(03).

Panjaitan, W. A., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1350–1357. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.549

Parapat, S. H., Caniago, I. W., Suryani, I., Ariani, H., Siregar, T. H., & Yusnaldi, E. (n.d.). Keberagaman Sosial dan Budaya di Indonesia.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (n.d.). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD).

Pecahan, M. M., Pada, S., Kelas, S., Dasar, S., & Ariyanto, B. (n.d.). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Oleh.

Pendidikan, J., Mi, G., Kholidah, D. R., & Fitriah, I. L. (2024). AKSELERASI: PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH THORIQOH HIDAYAH (Vol. 5, Issue 1).

Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Berbasis Qr-code Pada Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan RME kelas III Sekolah Dasar. (n.d.). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rajab, T. A., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Ular Tangga Berbasis Digital Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas V SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1531. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2612

Riset Pendidikan Dasar Volume, J., Negeri, F. S., & Satu, S. (n.d.). Firmadona,-Efektivitas Permainan Interaktif Ular Tangga terhadap Pencegahan Terjadinya Bullying Pada Anak Sekolah Dasar | 134 EFEKTIVITAS PERMAINAN INTERAKTIF ULAR TANGGA TERHADAP PENCEGAHAN TERJADINYA BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.30595/jrpd.v6i1.25930

Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665

Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2258

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tafanao, E. K. (2018). Tinjauan yuridis cerai gugat akibat kekerasan dalam rumah tangga (Studi putusan No. 23/Pdt.G/2015/PN.Lbp) (Skripsi, Universitas Medan Area). Universitas Medan Area Repository. https://repositori.uma.ac.id

Wahab, A., Risna Sari, A., Mujtaba, M., Zuana, M., Luturmas, Y., Kuncoro, B., Abdul, K. H., Mojokerto, C., Tinggi, S., Saumlaki, I. A., & Surakarta, U. (n.d.). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0 (Vol. 4).

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1).

Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Yasin, M., & Syahrowardi, I. (2021). Keragaman Budaya dalam Perspektif Sejarah dan Agama (Vol. 2).

Zuraida, A., Yanti, E., Pgri, U., Pinkan, M., & Prasasti, A. T. (n.d.). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Qr-Code Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model PBL Kelas V Sekolah Dasar. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Downloads

Published

2025-07-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ular Tangga Materi Keragaman Budaya Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas V SD Negeri Mojo. (2025). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 1315-1331. https://doi.org/10.29407/wn922p83

Similar Articles

1-10 of 747

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>