Media Tateman (Tancap Tepat Keberagaman) Pada Materi Keberagaman Sosial Budaya Sekolah Dasar
Keywords:
Sekolah Dasar, Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn), Keberagaman Sosial Budaya, Media Pembelajaran TatemanAbstract
Sekolah dasar merupakan pendidikan tahap awal dalam jenjang sekolah formal. Sekolah Dasar menjadi acuan awal untuk memberikan manusia sebuah pengetahuan yang kuat dan nantinya digunakan untuk bekal masa depan agar menjadi manusia yang mandiri serta bertanggung jawab. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada sekolah dasar. Materi yang terdapat pada mata pelajaran PPKn salah satunya keberagaman sosial budaya di Indonesia. Pada observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Mrican, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi keberagaman sosial budaya di Indonesia. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui hakikat media tateman sebagai media visual dan mengetahui peran media tateman pada materi keberagaman sosial budaya Indonesia di sekolah dasar. Dari hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran mempunyai peran penting dalam membantu guru menyampaikan materi kepada siswa. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik untuk belajar. Media tateman merupakan media pembelajaran visual yang digunakan untuk menyampaikan keberagaman sosial budaya di Indonesia.
References
Arsyad, Azhar.2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pera
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hamdani. 2011. Strategi Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia
Lestari, Gina. 2016. Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan SARA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 28.1
Mardiati, Yayuk. Dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jember, Dirjen Kemendiknas.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta
Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.
Oemar (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta Pusat. PT Bumi Aksara
Soenarko, Bambang. 2011. PKn SD kelas Rendah. Kediri : Sangtimur
Sundayana, Rostiana. 2016. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2.2 (2018): 103-114.
Wati E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siska Karisma Dewi, Kukuh Andri Aka, Frans Aditia Wiguna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.