PENGARUH LOKASI, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFE JOLOTUNDO NGANJUK

Authors

  • Fitri Nurjannah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rony Kurniawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/ar41dv03

Keywords:

Lokasi, harga, kualiatas pelayanan, kepuasan konsumen, Cafe Jolotunda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Cafe Jolotundo Nganjuk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif ex-post facto dengan sampel sebanyak 40 responden yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel lokasi (t-hitung=2,268), harga (t-hitung=2,451), dan kualitas pelayanan (t-hitung=2,102) masing-masing berpengaruh signifikan. Secara simultan, ketiga variabel juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F-hitung 4,080. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,254 menunjukkan bahwa 25,4% kepuasan konsumen dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Kesimpulannya, kepuasan konsumen di Cafe Jolotundo secara signifikan dipengaruhi oleh perpaduan harmonis antara lokasi, harga, dan kualitas pelayanan, sehingga integrasi holistik ketiganya menjadi kunci untuk meraih loyalitas pelanggan.

References

[1] Purnomo H. Manajemen Logistik Dan Rantai Pasokan. vol. 1. 1st ed. Bandung: Media Sains Indonesia; 2025.

[2] Yuniarti CA, Dini AK, Jannah PC. Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang. J Compr Sci 2024;3:4112–22. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.845.

[3] Purnomo H, Arifiansyah R, Sudirman NA, Hasdiansa, Wulansari Ilma; Hasbiah S. Coffee Shop Marketing Strategy Using SWOT Analysis to Increase Business Competitiveness. Indones J Bus Entrep Res 2024;2:49–62.

[4] Afifah A, Wahyuni S, Zulianto M. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Produk Kosmetik Wardah. J Pendidik Ekon 2022;16:60–5.

[5] Laoly SK, Usna W, Ritonga N, Cipta H. Implementasi Teori Antrian Single Chanel Model (M/M/1) Menggunakan Microsoft Excel Dalam Pengujian Kelayakan Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan Kota Medan. Bilangan J Ilm Mat Kebumian Dan Angkasa 2024;2:53–60.

[6] Arifiyani MN, Insani SF, Cahyaningrum BN. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Indonesia. UMMagelang Conf Ser 2024:594–603. https://doi.org/10.31603/conference.11871.

[7] Aghitsni WI, Busyra N. PENGARUH LOKASI, HARGADAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASIEN RUMAH SAKIT SILOAM LIPPO VILLAGE. J Ilm MEA (Manajemen, Ekon Dan Akuntansi) 2022;6:38–51.

[8] Suriadi, Sulistyo Budi Utomo, Rendro Laksmono, Rudi Kurniawan, Loso Judijanto. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, Dan Akuntansi) 2024;10:507–13. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1940.

[9] Harga PP, Dan F. Pengaruh persepsi harga, pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan konsumen. Indo-Fintech Intellectuals J Econ Bus 2025;5:3993–4002.

[10] Sulistiyo TD, Nurbaeti N, Mariati S, Mumin AT, Muhardiansyah D. Pengaruh Lokasi Strategis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RedDoorz near CBD Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. J Bisnis Hosp 2024;13:1–11. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1420.

[11] Wahyuningtyas SZ, Habib MAF. Pengaruh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada ayam Geprekku Bandung Tulungagung. J Soc Sci Res 2024;4:4248–362.

[12] Dwi WA, Djoko SE, Meilina R. Pengaruh Media Sosial, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Legian Nursery. Simp Manaj Dan Bisnis III 2023;2.

[13] Monica G, Meilina R. Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung. Simp Manaj Dan Bisnis II 2023;2:1327–34.

[14] Zukifar R. Metodologi Penelitian Kuantitatif. vol. 7. Kediri: Widina; 2020.

[15] Studi P, Feb M, Kediri UNP, Natalia PG, Susetyanti DA, Nimah M, et al. PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA PT . AICE JATIM INDUSTRY MOJOKERTO. Simp Manaj Dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kedir 2024;3:1257–62.

[16] Heriyana MI. Evaluasi Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard. Simp Manaj Dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2019;Vol 4 No 2:201–6.

[17] Raharjo IB, Hadi DK, Zuhdi M. Determinana Keputusan pembelian Konsumen Pada Restauran kediri. J Ekon Bisnis 2021;2:3–7.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Nurjannah, F., Soeprajitno, E. D. ., & Kurniawan, R. (2025). PENGARUH LOKASI, HARGA, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFE JOLOTUNDO NGANJUK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 795-802. https://doi.org/10.29407/ar41dv03

Similar Articles

1-10 of 343

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>