PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KURSUS MENGEMUDI CV. WIJAYA KEDIRI
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada kursus mengemudi CV. Wijaya Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 40 responden konsumen kursus mengemudi CV. Wijaya Kediri dan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis serta koefisien determinasi (R Square). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen CV. Wijaya Kediri, sedangkan fasilitas dan harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen CV. Wijaya Kediri. (2) kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen kursus mengemudi CV. Wijaya Kediri.