ANALISIS KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KERJA KARYAWAN PADA RICHEESE FACTORY KEDIRI

Authors

  • Shafira Nasya Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ahmad Suryo Saputro Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Risa Dwi Trisnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ica Melfina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/e970rk74

Keywords:

Kinerja Karyawan, Key Performance Indicators, Evaluasi Kinerja, Richeese Factory Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan Richeese Factory Kediri menggunakan metode Key Performance Indicators (KPI) dalam rangka meningkatkan kualitas kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi terhadap tujuh indikator utama kinerja, yaitu produktivitas kerja, disiplin dan kehadiran, kualitas layanan pelanggan, kepatuhan terhadap SOP, efisiensi kerja, kerja sama tim, serta motivasi dan kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga indikator berada dalam kategori “Sangat Baik”, yaitu Produktivitas Kerja (89%), Kepatuhan terhadap SOP (88,20%), dan Kerja Sama Tim (88,30%). Empat indikator lainnya berada dalam kategori “Baik”, namun memerlukan peningkatan, terutama pada Efisiensi Kerja (77,20%) dan Kualitas Layanan Pelanggan (77,80%). Penelitian ini menunjukkan pentingnya evaluasi berkala dan strategi perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja karyawan secara menyeluruh.

References

[1] Hersusetiyati H, Febrianti W, Sari RD, Yanshah AP. Analisis Kinerja Karyawan Melalui Penerapan Key Performance Indicator (KPI) di PT Jasa dan Kepariwisataan Jawa Barat (Perseroda). J Digit Bisnis, Modal Manusia, Mark Entrep Financ Strateg Bisnis 2024;4:14. https://doi.org/10.32897/dimmensi.v4i1.3411.

[2] Arisandy Y, Arisandy Y. Penilaian Kinerja ( Performance Appraisal ) Pegawai Negeri Sipil Dengan Menggunakan Kombinasi Metode Key Performance Indicator Dan 360 Degree 2017;2.

[3] Sinollah S, Hermawanto H. Analisis Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Kinerja. Dialekt J Ekon Dan Ilmu Sos 2020;5:1–22. https://doi.org/10.36636/dialektika.v5i1.408.

[4] Fitriana HL, Feriantono I, Laily S. Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Key Performance Indicator ( KPI ) Pada PT . Hilfic 2024;2.

[5] Letsoin VR, Ratnasari SL. Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Loyalitas Kerja Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan. J Dimens 2020;9:17–34. https://doi.org/10.33373/dms.v9i1.2316.

[6] Putra MF, Sulistyani A. Kinerja Karyawan Kitchen Pada Departemen Crew Outlet Richeese Factory Pekanbaru n.d.;9:1–14.

[7] Kusumanto I, Permata EG, Harpito, Anwardi, Iglina P. Penilaian Kinerja Menggunakan Metode Key Performance Indicators Pada Bunda Bakery. Semin Nas Teknol Informasi, Komun Dan Ind 2018:550–6.

[8] Ghozali. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora 2018;7:1–5.

[9] Husain BA, Santoso AB. Analisis Kepatuhan Karyawan terhadap Pemberlakuan Prosedur Operasional Standar (SOP) pada Perusahaan Baru (Studi Kasus pada PT. Prina Duta Rekayasa) Kota Tangerang Selatan. J Tadbir Perad 2022;2:105–13. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i2.154.

[10] Mukti T. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JMK (Jurnal Manaj Dan Kewirausahaan) 2017;2:14–26.

[11] Suharyanto A. Pengaruh Efisiensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Sistem E-Procurement Sebagai Variabel Intervening. Manajerial 2019;6:68. https://doi.org/10.30587/manajerial.v6i2.922.

[12] Putri G, Saifudin A, Wijaya G. Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Pegawai Pada BPM. Nian Tana Sikk J Ilm Mhs 2023;1:1–17.

[13] Kerja PM, Kerja K, Disiplin DAN, Bisnis PM, Manajemen PS, Ekonomi F, et al. KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIVISI PENJUALAN Natalia Susanto 2019;7.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Putri, S. N. E., Saputro, A. S. ., Trisnawati, R. D., Melfina, I., & Limantara, A. D. (2025). ANALISIS KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE KEY PERFORMANCE INDICATORS (KPI) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KERJA KARYAWAN PADA RICHEESE FACTORY KEDIRI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1570-1575. https://doi.org/10.29407/e970rk74

Similar Articles

1-10 of 607

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>