PENGARUH STRATEGI MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AYODYA WEDDING AND DECO DI KABUPATEN NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.29407/nxcqkx48Keywords:
Strategi Marketing, Loyalitas Pelanggan, Ayodya Wedding, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi marketing terhadap kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan pada Ayodya Wedding and Deco di Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 50 responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kualitas layanan dan loyalitas pelanggan. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus integratif antara promosi digital, penyesuaian harga, dan personalisasi layanan dalam konteks bisnis jasa pernikahan lokal. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pemasaran jasa berbasis digital dan hubungan pelanggan dalam industri kreatif lokal.
References
[1] Hariyono DF, Dyah I, Paramitha DA. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Usaha Mikro Ud. Al Mubarokah Pare. Senma 2023;1:1–12.
[2] Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Jakarta: Gramedia; 2024.
[3] Elvi Sri Rizkiyani MP, Prof. Dr. Gusnardi, SE, M.Si A, Dr. Gimin MP. Strategi Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Taman Karya; 2025.
[4] Roibafi NL, Soeprajitno ED, Wihara DS. Analisis kualitas produk, promosi dan penampilan karyawan terhadap keputusan pembelian di toko kue riezza tart and brownies. Simp Manaj dan Bisnis 2022;1:133–9.
[5] Andriani T, Hakimah EN, Djoko E. Pengaruh Talent Management, Knowledge Management Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Di Cv. Pusan Air Rifle Gedangsewu Pare Kediri. J Ekon Bisnis, Manaj dan Akunt 2023;2.
[6] Dedeh Kurniasih. Kepuasan Konsumen. Banten: Bintang Sembilan Visitama; 2021.
[7] Kotler, P., dan Keller KL. Marketing Management. In Marketing Management. Pearson Ed. Pearson Educatio; 2016.
[8] Wibowo ZF, Sardanto R. Analisis Persepsi Promosi Dan Kualitas Pelayanan Jasa Make Up Terhadap Keputusan Pembelian. Semin Nas Manajemen, Ekon Dan Akutansi 2022:1068–74.
[9] Amalia LA, Zulistiani Z, Damayanti S. STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Ardana Studio). Pros Semin Nas Manajemen, Ekon dan Akunt 2023;8:14–26.
[10] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2019.
[11] Tooy GB, Tamengkel LF, Asaloei SI. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Saga Supermarket Kota Sorong. Productivity 2023;4:532–41.
[12] Puspaningrum A. Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Kajian Perilaku Pelanggan Hypermarket). Malang: Media Nusa Creative; 2017.
[13] Rizky Pajar Refi Marisca, Dian Kusumaningtyas, Dyah Ayu Paramitha. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Umkm “Baksokuy.Id” Di Kabupaten Tulungagung. Pros Simp Nas Manaj Dan Bisnis 2024;3:192–202.
[14] Griffin J. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dr. Dwi Kartini Yahya. J Adm Bisnis 2016;15.
[15] Haryanto T. Pemasaran Relasional: Strategi dalam Menciptakan Nilai. Purwokerto: UM Purwokerto Press; 2023.
[16] Kotler P dan KK. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga; 2019.
[17] Darmawan Kusnanto, Indah Samsiyah, Nawangsih Nawangsih. Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Make Up Emina Di Kabupaten Lumajang. J Organ Bus Manag 2021;Vol. 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Anjarwati, Edy Djoko Soeprijatno, Dyah Ayu Paramitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
