PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI BELANJA ONLINE
Keywords:
Orientasi Belanja, Kepercayaan, Pengalaman Pembelian, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi belanja, kepercayaan dan pengalaman pembelian terhadap minat beli belanja online. Jenis penelitian adalah penelitian kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala linkert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik , uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel orientasi belanja berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan variabel kepercayaan dan pengalaman pembelian secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli. Secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap minat beli belanja online. Hal ini disebabkan oleh adanya kerentanan dalam melakukan transaksi online berdasarkan harapannya yang positif mengenai perilakunya berbelanja online pada masa mendatang.