Kesadaran Metakognisi Siswa SMAN 1 Grogol Kediri dalam Pembelajaran Biologi dan Rekomendasi Strategi Pembelajaran untuk Memberdayakannya
PDF

Keywords

Metakognisi
ASICC
Pembelajaran Mendalam
Kecakapan Abad 21

How to Cite

[1]
“Kesadaran Metakognisi Siswa SMAN 1 Grogol Kediri dalam Pembelajaran Biologi dan Rekomendasi Strategi Pembelajaran untuk Memberdayakannya”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 775–782, Sep. 2025, doi: 10.29407/qzq4f869.

Abstract

Salah satu faktor yang berperan dalam pencapaian pretasi belajar siswa adalah metakognisi. Siswa yang memiliki metakognisi baik cenderung akan memiliki capaian belajar yang baik pula. Profil metakognisi siswa di SMAN 1 Grogol Kabupaten Kediri belum pernah diungkap, padahal data tersebut diperlukan oleh guru sebagai dasar untuk melakukan perbaikan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kesadaran metakognisi siswa kelas XI di SMAN 1 Grogol Kediri. Penelitian ini berjenis studi kasus dan data diambil kepada 53 siswa kelas XI secara purporsive sampling. Peneliti mengadopsi angket Schraw & Dennison (1994) untuk  mendapatkan data kesadaran metakognisi. Data ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Data yang terkumpul diverifikasi melalui observasi pembelajaran di kelas dan dilaksanakan FGD untuk dibahas. Penelitian ini mengungkap bahwa rata-rata skor setiap domain kesadaran metakognisi siswa sebagai berikut: declarative knowledge sebesar 6,85; procedural knowledge sebesar 3,46; conditional knowledge sebesar 4,33; planning   sebesar 6,52; comprehension monitoring sebesar 6,48; information management sebesar 7,76;  debugging strategies sebesar 4,50; dan evaluation sebesar 5,19. Data tersebut bertentangan dengan hasil observasi pembelajaran yang telah dilakukan di dalam kelas. Catatan observer mengungkapkan fakta bahwa:  (1) siswa cenderung  tidak memperhatikan penjelasan guru,  sibuk bermain gawai, dan jarang mencatat penjelasan penting dari guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengasesmen keterampilan metakognisi serta upaya menerapkan startegi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan metakognisi siswa. Contohnya dengan penerapan model pembelajaran PBL, JIGSAW, RQA, ASICC, atau model pembelajaran lainnya.

PDF

References

Ardila, C., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2013). Hubungan keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas x dengan penerapan strategi pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (pbmp) di sman 9 malang. Online Journal of the State University of Malang, Indonesia.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill Education.

Arifin, M. S., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2013). Hubungan antara keterampilan metakognitif terhadap hasil belajar biologi dan retensi siswa kelas X dengan strategi reciprocal teaching di SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Basith, A. (2011). Hubungan keterampilan metakognitif dan hasil belajar matapelajaran IPA pada siswa kelas IV SD dengan strategi pembelajaran jigsaw dan think pair share (TPS) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Efklides, A. (2008). Metacognition, affect, and conceptual difficulty: Students’ learning in laboratory settings. Metacognition and Learning, 3(2), 121–134. https://doi.org/10.1007/s11409-008-9024-1

Fazriyah, N. (2016). Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and cognitive monitoring: A new area of cognitive–developmental inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911. https://doi.org/10.1037/0003-066X.34.10.906

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Ilahi, D. P., Festiyed, Y., Yerimadesi, Y., Yulkifli, L., Utami, L., & Ratih, A. (2024). Evaluating the impact of problem based learning on student’s metacognition in science learning: A meta-analysis review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(8), 526–535. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i8.7892

Javanmard, A., Hoshmandja, M., & Ahmadzade, L. (2012). Investigating the relationship between self-efficacy, cognitive and metacognitive strategies, and academic self-handicapping with academic achievement in male high school students in the tribes of Fars Province. Journal of Iife Science and Biomedicine, 3(1), 27-34.

Jayapraba, G., & Kanmani, M. (2014). Effect of metacognitive strategy on jigsaw cooperative learning method to enhance biology achievement. The Online Journal of New Horizons in Education, 4(2), 47-57.

Keterampilan Metakognitif dan Berpikir, H., & Candra Wicaksono, A. (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85–92. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/

Paris, S. G., & Winograd, P. (1990). How metacognition can promote academic learning and instruction. In B. F. Jones & L. Idol (Eds.), Dimensions of thinking and cognitive instruction (pp. 15–51). Lawrence Erlbaum.

Paulhus, D. L., & Vazire, S. (2007). The self-report method. In R. W. Robins, R. C. Fraley, & R. F. Krueger (Eds.), Handbook of research methods in personality psychology (pp. 224–239). Guilford Press.

Pintrich, P. R. (2002). The role of metacognitive knowledge in learning, teaching, and assessing. Theory into Practice, 41(4), 219–225. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_3

Roebers, C. M. (2021). Children’s metacognition and executive functioning: Interrelations and developmental pathways. Developmental

Review, 59, 100945. https://doi.org/10.1016/j.dr.2020.100945

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). Improving student collaboration and critical thinking skills through ASICC model learning. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012174. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012174

Schraw, G., & Dennison, R. S. (1994). Assessing metacognitive awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4), 460–475. https://doi.org/10.1006/ceps.1994.1033

Sperling, R. A., Howard, B. C., Miller, L. A., & Murphy, C. (2021). Measuring metacognition: A systematic review of assessment tools. Educational Psychology Review, 33(2), 711–743. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09552

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (edisi ke-26). Alfabeta.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 M. Zakki Aqimul Haq, Putri Lina Anitasari, Dwi Ari Budiretnani, Agus Muji Santoso, Poppy Rahmatika Primandiri