Efektivitas Media Pembelajaran G-SMART ( Geometry System Multimedia Assisted Real – Time ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Transformasi Geometri SMP
PDF

Keywords

media pembelajaran
hannafinandpeck
transformasi geometri
canva
hyperlink
penelitian pengembangan

How to Cite

[1]
“Efektivitas Media Pembelajaran G-SMART ( Geometry System Multimedia Assisted Real – Time ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Transformasi Geometri SMP”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 509–522, Sep. 2025, doi: 10.29407/ys507m45.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi transformasi geometri di SMP Muhammadiyah 4 Gurah, yang disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran interaktif dan metode konvensional yang kurang efektif. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Canva Hyperlink (G-SMART) yang mampu meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan visual dan interaktif. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model Hannafin-Peck, meliputi tiga tahap: analisis kebutuhan, desain, serta pengembangan dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan praktisi, diikuti uji coba skala kecil dan besar terhadap 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media G-SMART memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli di atas 80% (kategori Sangat Baik). Uji N-Gain memperlihatkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 75,33%, termasuk dalam kategori tinggi. Media ini juga mendapat respon positif dari siswa dengan skor kepuasan 87,39%. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa G-SMART efektif sebagai media pembelajaran inovatif yang dapat mengatasi keterbatasan fasilitas digital di sekolah. Implikasinya, media ini dapat menjadi alternatif solusi bagi guru dalam menyajikan materi transformasi geometri secara lebih menarik dan mudah dipahami.

PDF

References

Amalia, Yuli. 2023. “Geometri Transformasi Pada Kelas Vii Di Smp.” Jurnal Maju 10(1): 30–35.

Amtaran, Sofia. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Pembelajaran Matematika Kelas 5 Sd Gmit Atambua III.” 4(12): 1315–25.

Andriani, Pauline Tricia, I Gde Wawan Sudatha, and I Kadek Suartama. 2021. “E-Summary Teaching Materials With Hannafin &Amp; Peck Models for Training Participants in the Human Resources Development Agency.” Indonesian Journal of Educational Research and Review.

Arrasyid, Ihsan Auliya, and Ansori Sidqi. 2024. “M a s l i Q.” 4(November): 1212–25.

Auliya, Nanang Nabhar Fakhri, and Ahmad Zulfikri. 2023. “Developing Android-Based Transformational Geometry E-Module Using Adobe Animate CC.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 6(1): 81.

Baihaki, Baihaki, Soraya Djamilah, and Ahmad Lazwardi. 2022. “Developing Interactive Learning Media Based on Adobe Animate Applications for Geometry Transformation.” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 191–206.

Dahmayanti, Siti. 2024. “Analisis Penerapan Model Hannafin and Peck Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran Yang Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK.” Islamika.

Dampaknya, D A N. 2024. “METODE CERAMAH DALAM PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH : ANALISIS LITERATUR TENTANG IMPLEMENTASI.” 4(2): 45–56.

Devi, N, and I Komang Sudarma. 2023. “Improving Student Balinese Language Learning Outcomes Through Interactive Animated Video Based on a Contextual Method.” Journal of Education Technology.

Fahruji, Alya Nabila. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Tentang Siklus Air Kelas v SD.” Optika Jurnal Pendidikan Fisika.

Fauziah, Lailatul. 2023. “Development of Sound Wave E-Learning Material by Integrating Contextual Teaching With Smartphone to Improve Students’ Critical and Creative Thinking Skills.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Ferdiansyah, Handy, Abdul Haling, and Nurhikmah H. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3(2): 148–55.

Halim, Abdul, and Muhamad Sofian Hadi. 2023. “Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(3): 8333–41.

Hanan, Marisa Puspa, and Jesi Alexander Alim. 2023. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri.” Al-Irsyad Journal of Mathematics Education 2(2): 59–66.

Hanifah, D P et al. 2023. TEORI DAN PRINSIP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=-PzSEAAAQBAJ.

Hidayah, Isna Sani, and Nelly Fitriani. 2021. “Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas Vii Dalam Memahami Materi Segiempat Dan Segitiga Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(3): 631–42.

Maulani, Fitri Indah, and Luvy Sylviana Zanthy. 2020. “ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI.” Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260565615.

Mayer, Richard E. 2020. Multimedia Learning. 3rd ed. Cambridge University Press.

Muliana, Rika, R. Ati Sukmawati, and Yuni Suryaningsih. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa Smp Dengan Metode Drill and Practice.” Computing and Education Technology Journal 3(1): 1.

Mustaqim, M Fazal. 2023. “Development of Interactive Web-Based Learning Media With the Discovery Learning Model to Increase Student Learning Motivation in Object Oriented Programming XI Vocational High Schools.” Letters in Information Technology Education (Lite).

Nazliati, Rita Sari, and Alfiatunnur. 2024. “Game-Based Development Using the Hannafin and Peck Model for the Tajwid’s Learning Media.” International Journal of Basic Educational Research 1(1): 21–27.

Nurhasanah, Lilis Romdon. 2024. “Technology Integration in the Hannafin and Peck Model: Dynamic Transformation of Islamic Religious Education at SDN Cilengkrang.” Indo-Mathedu Intellectuals Journal.

Penelitian, Jurnal et al. 2024. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” 4: 174–82.

Pertiwi, Khoirunnisa, and Mimin Ninawati. 2021. “Development of Teaching Materials Based on Technology Literacy Through the Website for PGSD FKIP UHAMKA Students.”

Pratiwi, Yani, and Aninditya Sri Nugraheni. 2022. “Problematika Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sd/Mi.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(5): 1479.

Purwaningrum, Tyas Sadpuranti, and Ayu Faradillah. 2020. “Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2): 1044–54.

Putu Dewi, Ni Luh, and I Wayan Sujana. 2021. “Learning Multimedia Based on RPG Maker MV Material for Circumference and Area of Flat Shapes for Elementary School Students.” Journal of Education Technology.

Rahmayani, Melfa. 2024. “Integrated Renewable Energy E-Module PBL Model With Smartphone to Improve Students’ Creative Thinking and Communication Skills.” Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia).

Rohmah, Shofiana, and I Made Tegeh. 2022. “Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar PAI.” Jurnal Edutech

Undiksha.

Santoso, Elisa Willy, Widi Sarinastiti, and Irma Wulandari. 2021. “Animation of Mathematics Learning for Vocational High School about Geometry Transformation Using Participatory Design.” International Electronics Symposium 2021: Wireless Technologies and Intelligent Systems for Better Human Lives, IES 2021 - Proceedings (September 2021): 263–68.

Saputra, Imam, and Db. Kt. Ngr. Putra. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Hannafin and Peck Pada Muatan IPA Kelas IV.” Mimbar Ilmu.

Simamora, Yumira. 2024. “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Menggunakan Aplikasi Canva.” JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC 9: 46–54.

Simarmata, Janner, Muhammad Dani Solihin, Harvei Desmon Hutahaean, and Muhammad Isnaini. 2024. “Development of Geometry Transformation Learning Media by Utilizing Mobile Technology.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 10(SpecialIssue): 209–14.

Ulfa, Nabilah Citra Amalia, and Rostina Sundayana. 2022. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Berdasarkan Self-Confidence.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu 1(2): 193–200.

Waruwu, Marinu. 2024. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2): 1220–30.

Waruwu, Toroziduhu. 2020. “Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran IPA Dan Pelaksanaan Pembelajaran Remedial.” Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 8(2): 285–89. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1697.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Tamara Jasmine Prasetyani, Lina Rihatul Hima, Ika Santia