ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL CV JODO DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BERAS MENTARI DI ERA MEDIA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.29407/my0mwj98Keywords:
Pemasaran Digital, Analisis SWOT, UMKM, Strategi Pemasaran, Media SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran digital yang efektif bagi CV Jodo Beras Mentari untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi yang menggabungkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan kerangka kerja SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama perusahaan adalah kualitas produk yang unggul dan reputasi yang baik , namun dihadapkan pada kelemahan fundamental berupa keterbatasan kompetensi digital sumber daya manusia dan inkonsistensi konten pemasaran. Strategi yang dirumuskan berfokus pada pemanfaatan kualitas produk untuk penetrasi marketplace, kolaborasi dengan influencer kuliner, pengembangan konten kreatif seperti resep masakan, serta penyelenggaraan pelatihan digital formal untuk karyawan. Kebaruan penelitian ini adalah perumusan kerangka kerja strategis yang praktis dan terintegrasi untuk membantu UMKM agribisnis mentransformasikan keunggulan produk konvensional menjadi daya saing yang relevan di pasar digital.
References
[1] Agustian A, Maulinda S, Hanaya S, Sulaeman E. Strategi SWOT dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM Dapur Mama Richie. Innov J Soc Sci Res Vol 2024;4:7986–95.
[2] Andrianto V, Sugiarto P, Pratama AD, Amalia D. ANALISIS STRATEGI PENJUALAN PRODUK SARIDELE MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN BCG PADA UMKM SARIDELE SEGAN. J Islam 2025;19.
[3] Caswito A, Sulastri S, Nur Octavia L, M Napitupulu T, Baiquni Al Mahdi MH. Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Industri Makanan Tahu di Kota Bekasi Dengan Metode Analisis SWOT dan Business Model Canvas. J Minfo Polgan 2024;13:13–21. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13455.
[4] Hanapi MA, Yulianto H. ANALISIS SWOT PENGELOLAAN COFFEE SHOP TERHADAP DAYA SWOT ANALYSIS OF COFFEE SHOP MANAGEMENT ON SMES COMPETITIVENESS. JICN J Intelek dan Cendikiawan Nusant 2025;1:10389–96.
[5] Saputra NH, Thalib S, ... Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Online Store Guzzle Di Media Sosial. J Ris Manaj … 2019;4:709–18.
[6] Andriansyah S, Nurhasanah. Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis. Konsep Desain Menentukan Hull Type, Mater Dan Propulsi Unmanned Surf Veh Untuk Patroli Di Wil Rokan Hiir Dengan Metod Desicion Tree 2020:478–86.
[7] Faizal H, Nurjanah S. Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. J Ris Manaj dan Bisnis Fak Ekon UNIAT 2019;4:307–16. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.271.
[8] Monica G, Meilina R. Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:1327–34.
[9] Firmansyah I, Akbar Ridho Riadi, Jaya RC. Strategi Pemasaran Umkm Warung Nasi Sunda Ibu Titing Melalui Pendekatan Analisis Swot dan Marketing Mix Abstrak. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi) 2025;11:437–44.
[10] Wirawan AD, Soeprajitno ED, Meilina R. Pengaruh media sosial, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko legian nursery 1),2),3). Simp Manaj dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2023;2:1566–74.
[11] Sabilla R, Ulyah N, Rizkiani I, Bastomi M. Penguatan Daya Saing UMKM Menggunakan Analisis SWOT ( Studi Kasus : Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang ). J Econ Econ Educ 2024;1:83–91.
[12] Putri D, Salma A, Ameliana F, Hidayah MT, Putra RB. Strategi Marketing Mix Dan Analisis SWOT pada UMKM D’besto Pasar Baru Kota Padang. J Pengabdi Masy Bangsa 2024;2:1749–56. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1103.
[13] Jatmiko B, Ardhi KF, Abidin MZ, Laras T, Sukardi, Susanti, et al. PENDAMPINGAN STRATEGI PEMASARAN BATIK SEKARNITI DENGAN SWOT ANALIS UNTUK MENUNJANG DAYA SAING WISATA KULONPROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. J Pengabdi Kpd Masy 2025;4:2483–96.
[14] Zukifar R. Metodologi Penelitian Kuantitatif. vol. 7. Kediri: Widina; 2020.
[15] Adhias Putri C. Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Kualitas,Pelayanan,Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dirumah Makan Steak Sfa Steak& Resto Karanganyar. Fak Ekon 2021;3:11–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arindasari Wahyuningtyas, Zulistiani, Rony Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
