KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI LIVE STREAMING, KUALITAS PRODUK, DAN ONLINE CUSTOMER RIVEW SKINCARE ZIENVI

Authors

  • Fanesha Dwianggi Pradita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dian Kusumaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poniran Yudho Leksono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/833cj462

Keywords:

Live Streaming, Kualitas Produk , Online Customer Review, Skincare Zienvi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, kualitas produk, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare Zienvi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif-verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Zienvi secara online. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dengan jumlah responden sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner menggunakan skala Likert Instrumen penelitian berupa kuesioner menggunakan skala Likert. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, variabel live streaming, kualitas produk, dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan pentingnya strategi promosi digital, kualitas produk, dan ulasan pelanggan dalam memengaruhi perilaku konsumen dalam era digital, khususnya pada produk skincare lokal seperti Zienvi.

References

[1] Nagae M, Mitsutake T, Sakamoto M. Impact of skin care on body image of aging people: A quasi-randomized pilot trial. Heliyon 2023;9:e13230. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13230.

[2] Khofifah N, Wayan N, Irmayani D. Analysis Of Factors Influencing Skincare Purchase Decisions Through E-Commerce Among Generation Z In Purwokerto 2024;1:395–401.

[3] Sa’adah AN, Rosma A, Aulia D. Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok. Transekonomika Akuntansi, Bisnis Dan Keuang 2022;2:131–40. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176.

[4] Kotler,Philip;Keller KL. Marketing Management. 15th ed. Pearson Education Inc.; 2016.

[5] Sinaga SM, Rochdianingrum WA. Pengaruh Live streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee. J Ilmu Dan Ris Manaj 2024;13:1–19.

[6] Dwi Siti Sholikah1 MAA. Pengaruh Live streaming, Online Customer Review dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merek Jims Honey 2024;1:148–59.

[7] Izni Nur Indrawati Maulani. Live streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital TMADE Artisan Souvenir 2024;7:37–52.

[8] Lubis FF. Pengaruh Live streaming Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Impulsive Buying Pada Produk Skincare ( Penelitian Kasus Pada Penggunaan Platform Tiktok Shop ) 2025;5:767–88.

[9] Masluchah L. Pengaruh Live streaming Tiktok, Brand Minded, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett. 2023.

[10] Armstrong, Gary; Kotler P. Marketing: An Introduction. 13th ed. Pearson; 2018.

[11] Siagian ES, Purba T. YUME : Journal of Management Pengaruh Kepercayaan Konsumen , Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Cosmetic Pixy Di Kota Batam 2025;8:519–30.

[12] Dinka Wardah Robiah MN. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Avoskin. YUME J Manag 2019;5:433–41. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.235.

[13] Annisa Farhanah, Achmad Mufid Marzuqi. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Acad J Ilmu Sos Hum 2021;3:107–23. https://doi.org/10.54622/academia.v3i2.60.

[14] Nainggolan R, Purba EN. Perbaikan Performa Cluster K-Means Menggunakan Sum Squared Error (SSE) Pada Analisis Online Customer Review Terhadap Produk Toko Online. J TIMES 2019;8:1–8. https://doi.org/10.51351/jtm.8.2.2019602.

[15] Kurniawan B. Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jibaku J Ilm Bisnis, Manaj Dan Akunt 2021;1:121–9.

[16] Dewi Arnanda W, Yudho Leksono P. Analisis Program Flahsale, cashback Promotion, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian E-Commere Shopee. Simp Manaj Dan Bisnis III 2024;3:674–684.

[17] Sudjanarti D, Khabibah U, Wardani TI, Rachmi A. Pengaruh Online Customer Review and Rating, Eservice Quality Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Kota Malang). J Adm Dan Bisnis 2023;17:76–90.

[18] Pramesti Endang Widyaningsih. Pengaruh Online Reviw dan Harga terhadap keputusan Pembelian Produk Skincare Serum Somethinc pada Marketplace Shopee dalam Perspektif Ekonomi Islam 2024;8:55.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Pradita, F. D., Kusumaningtyas, D. ., & Leksono, P. Y. (2025). KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI LIVE STREAMING, KUALITAS PRODUK, DAN ONLINE CUSTOMER RIVEW SKINCARE ZIENVI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 545-552. https://doi.org/10.29407/833cj462

Similar Articles

1-10 of 397

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>