ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS GAYA HIDUP MILENIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAMU ANG KEKINIAN

Authors

  • Selly Aldiana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sugiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rino Sardanto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/5mw7et82

Keywords:

Pengembangan Produk, Gaya Hidup Milenial, Inovasi Jamu, Strategi Pemasaran Digital, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan produk jamu tradisional yang dikemas ulang menjadi lebih modern dan sesuai dengan gaya hidup generasi milenial. Studi ini dilatarbelakangi oleh perubahan selera dan perilaku konsumsi di kalangan anak muda, yang kini lebih menyukai produk dengan tampilan estetis, kemasan praktis, dan cita rasa yang ringan namun tetap memiliki nilai fungsional. UMKM Jamu Ang Kekinian di Kota Kediri dipilih sebagai objek penelitian karena telah menerapkan pendekatan modernisasi terhadap produk jamu, baik dari sisi rasa, desain kemasan, hingga strategi pemasaran berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk jamu dengan integrasi bahan modern seperti Yakult, susu, madu, dan krimer berhasil meningkatkan penerimaan dari konsumen milenial. Teknik fusion mixing yang diterapkan turut memperkaya varian rasa sehingga menjadikan jamu sebagai alternatif minuman kekinian yang tetap menyehatkan. Selain itu, kemasan kekinian seperti cup dan botol, serta penyajian dalam bentuk es lilin terbukti menarik secara visual dan memudahkan dalam konsumsi sehari-hari. Dari sisi pemasaran, strategi yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial (Instagram dan TikTok), kolaborasi dengan influencer lokal, serta penjualan melalui marketplace dan layanan pesan antar seperti GoFood dan ShopeeFood. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan gaya hidup sangat efektif dalam menghidupkan kembali minat terhadap produk tradisional seperti jamu, serta menjadi strategi pemasaran yang relevan untuk menghadapi persaingan di era digital.

References

[1] Nugrahani TA, Dianasari D, Amalia KN. Implementasi Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Pemesanan Jamu Berbasis Mobile. J Cakrawala Ilm 2023;3.

[2] Gardjito M. JAMU: Authentic Indonesian Healthcare, A Legacy for the Nation. 1st ed. UGM Press; 2021.

[3] Sumarni W, Sudarmin S, Sumarti SS. The scientification of jamu: A study of Indonesian’s traditional medicine. J Phys Conf Ser 2019;1321. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032057.

[4] Witasari N, Amalia NP, Oktaviani DA. The Tradition of Drinking Jamu and Efforts to Increase the Economic Potential of the Nguter Community , Sukoharjo District 2025;10:85–92.

[5] Estiasih T, Maligan JM, Witoyo JE, Mu’alim AAH, Ahmadi K, Mahatmanto T, et al. Indonesian traditional herbal drinks: diversity, processing, and health benefits. J Ethn Foods 2024;in Review. https://doi.org/10.1186/s42779-025-00267-5.

[6] Wulandari VP. Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Jamu Iboe Melalui Omnichannel Dan Brand Repsositioning Dalam Menyasar Konsumen Milenial. Commercium 2022;Vol 05:1–12.

[7] Wastutiningsih SP, Dewi TP. Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Suluh Pembang J Ext Dev 2019;1:90–6. https://doi.org/10.23960/jsp.v1i2.20.

[8] Zisa SF, Effendi N, Roem ER. Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika Kaji Ilmu Budaya Dan Perubahan Sos 2021;vol 5:69–87.

[9] Nifya GK. Buku Fotografi Jamu Tradisional sebagai Media Promosi Produk Minuman Alternatif Hidup Sehat. MAVIS J Desain Komun Vis 2019;1:25–31. https://doi.org/10.32664/mavis.v1i1.272.

[10] Purwoningsih, Khotimah S. Pengaruh Financial Literacy, Pembelajaran Akuntansi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Financial Behavior Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Unp Kediri). 2024.

[11] Dukut EM. Herbal Untuk Kalangan Muda. 2021.

[12] Susan-JaneBeers. Indonesian Herbal Healing. Tuttle Publishing; 2022.

[13] Defitasari. Analysis Of Consumer Preferences For Traditional Herbal Drinks In Gondang Subdistrict Nganjuk Regency Fakultas Pertanian , Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran ” Jawa Timur Pertumbuhan industri jamu dan obat tradisional di Indonesia meningkat 6 pers. Agroinfo Galuh J Ilm Mhs 2022;9:513–26.

[14] Fauji DAS, Tohari A, Linawati, Nurdiwati D, Agus Sumantri B, Lukiani ERM, et al. Kontruksi Budaya Ngopi bagi Generasi Millenial di Kota Kediri. Semin Nas Manajemen, Ekon Akunt 2020:102.

[15] Kusnuariyanti NI, Zulistiani, Ratnanto S. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. EKOMA J Ekon Manajemen, Akunt 2024;3:1125–36. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i6.5082.

[16] Sardanto R, Ratnanto S. Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri. J Benefit 2016;3:31–45.

[17] Indri Saputri S, Nurzainul Hakimah E, Sardanto R. Pengaruh Flash Sale, Customer Review, Dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simp Manaj Dan Bisnis I 2022:322–8.

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Aldiana, S., Sugiono, & Sardanto, R. (2025). ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK BERBASIS GAYA HIDUP MILENIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAMU ANG KEKINIAN. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 343-350. https://doi.org/10.29407/5mw7et82

Similar Articles

31-40 of 384

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>