PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PT MATAHARI PUTRA PRIMA TBK

Authors

  • Maria Magdalena Tafuli Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aurora Amrita Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mia Dwi Prayogy Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ilham Hadiansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Sekolah Tinggi Teknologi Cahaya Surya Kediri

Keywords:

Quality Function Deployment, Metodologi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Quality function Deployment merupakan suatu metode yang digunakan perusahaan untuk mengantisipasi/menentukan prioritas kebutuhan dan keinginan konsumen, serta menggabungkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut dalam produk/jasa yang disediakan bagi konsumen. menurut definisinya, QFD merupakan praktek untuk merancang suatu proses sebagai tannggapan terhadap kebutuhan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli, dimana persepsi terhadap kinerja alternatif produk/jasa yanng dipilih memenuhi atau melebihi harapan sebelum pembelian. Kepuasan pelanggan ini menjadi salah satu kunci utama di PT Matahari Putra Prima karena jika pelanggan puas maka loyalitas akan selalu dipertahankan oleh pelanggan. Karena, banyak sekali masalah yang terjadi ketika konsumen tidak puas dengan produk/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Kepuasan Pelanggan yang dimaksud disini ialah respon konsumen berupa senang atau kecewa terhadap barang yang dibeli. Penerapan metode QFD sangat dibutuhkan PT Matahari Putra Prima dalam meningkatkan kepuasan konsumen, karena untuk memenuhi dan memenangkan persaingan pasar harus melakukan penelitian untuk mengetahui prioritas yang perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tolak ukur untuk memperbesar dan mempertahankan bisnisnya. Salah satu metode yang digunakan PT Matahari Putra Prima yaitu dengan menggunakan metode QFD. Penggunaan metode QFD ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen melalui ketersediaan barang yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Tafuli, M. M., Sari, A. A., Prayogy, M. D., Hadiansyah, I., & Limantara, A. D. (2024). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PT MATAHARI PUTRA PRIMA TBK. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 3, 1250–1256. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/3356