PENGARUH PENGALAMAN KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PABRIK ROKOK MARGANTARA JAYA TULUNGAGUNG

Main Article Content

Lutfikavalma Irdinantara
Edy Joko Suprayitno

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan pengalaman kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan pada Pabrik Rokok Margantara Jaya Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian bersifat kausal. Pengumpulan datanya dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Pabrik Rokok Margantara Jaya. Sampel yang digunakan berjumlah 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 23. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan pengalaman kerja, disiplin kerja, dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan PR Margantara Jaya Tulungagung.

Article Details

How to Cite
Irdinantara, L., & Suprayitno, E. J. (2021). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PABRIK ROKOK MARGANTARA JAYA TULUNGAGUNG. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 157–161. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/848
Section
Articles

References

Depitra, P. S. and Soegoto, H. (2019) ‘Kompetensi Dan Kinerja Karyawan Bank BNI KCU Bandung’, Majalah Ilmiah UNIKOM, 17(1), pp. 25–28. doi: 10.34010/miu.v17i1.2237.

Hasibuan, M. (2016) Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Kontan.id (no date) Volume penjualan industri rokok turun 9,4% hingga kuartal III-2020, https://investasi.kontan.co.id/news/volume-penjualan-industri-rokok-turun-94-hingga-kuartal-iii-2020.

Liputan6.com (2021) Tekanan Bertubi-tubi, Industri Tembakau Butuh Kepastian di Masa Pandemi, https://www.liputan6.com/bisnis/read/4603229/tekanan-bertubi-tubi-industri-tembakau-butuh-kepastian-di-masa-pandemi.

Sedarmayanti (2017) Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja Dan Produktivitas Kerja Edisi Kesatu. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiana, A. R. (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.