IMPULSE BUYING DENGAN FAKTOR PENDORONG KECENDERUNGANNYA DI SWALAYAN (Studi pada Swalayan Prima Kabupaten Nganjuk)
pdf

Keywords

Potongan harga
Paket bonus
Pelayanan
Impulse buying

How to Cite

Acnestania, F., & Purnomo, H. (2021). IMPULSE BUYING DENGAN FAKTOR PENDORONG KECENDERUNGANNYA DI SWALAYAN (Studi pada Swalayan Prima Kabupaten Nganjuk). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 1292–1297. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/775

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan analisis secara persial dan silmultan dari variabelpotongan harga, paket bonus dan pelayanan terhadap kecenderungan impulse buying. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah ataupun sedang melakukan pembelian di swalayan Prima. Penentuanjumlah sampel yang representative adalah tergantungpada jumlah indikator dikali 5 sampai 10 sehinggajumlah sampel minimum adalah 5 kali jumlah indikatoratau sebanyak 5x19=95 responden dan sampelmaksimum adalah 200. Hasil penelitian uji tmenunjukkan bahwa variabel potongan harga, paket bonus dan pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan impulse buying di Swalayan Prima dan hasil uji F diketahui bahwa variabel potongan harga, paket bonus dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dansignifikan terhadap kecenderungan impulse buying di Swalayan Prima. Hasil adjusted R Square menunjukkan nilai sebesar 89,1% sedangkan sisanya yaitu sebesar 10,9% diterangkan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Perhitungan analisis regresi linear berganda menggunakan persamaan regresi diperoleh Y = 0,747 + 0,708 X1 + 0,223 X2 + 0,229 X3 + e

 

 

pdf

References

​Brian Vicky Prihastama. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impuls Buy Pada Pelangg Minimarket (Studi Pada Pelangg Minimarket Indomaret Jl Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta) 2016;147:11–40.

​Chen HA, Marmorstein H, Tsiros M, Rao AR. When more is less: The impact of base value neglect on consumer preferences for bonus packs over price discounts. J Mark 2012;76. https://doi.org/10.1509/jm.10.0443.

​ Farabi MI Al. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan ImpulseBuying Pada PT. Hero Supermarket TBK, Giant Ekspress Dinoyo, Malang. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952 1967.

Haryanto E, Dvlolwdv KL, Layanan K, Dan F, Pengaruhnya H, Pengguna K, et al. Drive Through 2013;1:750–60.

Kotler P, Keller KL. Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. 2011.

Mattia G, Di Leo A, Principato L. The Impulse Buying. Online Impuls. Buy. Cogn. Dissonance, 2021. https://doi.org/10.1007/978-3-030-65923-3_2.

Mishra AK, Mishra A, Chattopadhyay P. Herbal cosmeceuticals for photoprotection from ultraviolet B radiation: A review. Trop J Pharm Res 2011;10. https://doi.org/10.4314/tjpr.v10i3.7.

​Mowen JC, Minor M. Perilaku Konsumen, edisi Kelima, Jilid 1 dan Jilid 2. Jakarta PT Penerbit Erlangga 2012.

​Rohmatin N. Pengaruh Potongan Harga Dan Bonus Pack Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus Di Alfamart Kabupaten Madiun) 2020.

​Till BD, Shimp TA. Endorsers in advertising: The case of negative celebrity information. J Advert 2010;27. https://doi.org/10.1080/00913367.1998.10673543.

​Wibowo Y. Pengaruh Price Discount, Merchandising, Dan Pelayanan Ritel Terhadap Impulse Buying Pada Toko Supplement And Equipment Z Gym Clinic Di Yogyakarta. Peninggalan Sej Sebagai Sumber Belajar Sej Dalam Penanaman Nilai-Nila Kebangs Pendahuluan Banyuwangi Merupakan Wil Yang Memiliki Beberapa Drh Yang Berpotensi Memiliki Situs Peninggalan Sej Yang Sampai Saat Ini Masih Ada Namun Kondisi 2019;1:41–57.