Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode expreriential learning pada mata kuliah Kewirausahaan pada program studi manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa metode experiential learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan mata kuliah Kewirausahaan karena mahasiswa mengalami sendiri bagaimana berwirausaha. Mahasiswa belajar dari pengalaman, belajar dari yang diamati, dirasakan dan didengar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode experience learning mahasiswa menjadi aktif karena keterlibatan mahasiswa, meningkatkan Keterlibatan mahasiswa, meningkatkan pengetahuan berdasarkan pada pengalaman yang diperoleh, serta mampu mengekplorasi ide untuk menjadi pengalaman.Peningkatan soft skills mahasiswa di kelas atau di luar kelas, hal ini dapat dilihat pada aspek kerjasama, kepemimpinan, dan inisiatif serta komunikasi yang lebih baik.
References
Indriati, N & Rostiani.2008. Intensi kewirausahaan mahasiswa, studi perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia.Volume 23 No 4.
Majid, Abdul.2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Rosdakarya
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan,: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung.Alfabeta, Bandung,
Tama, Angki Adi. 2010. “Analisis Faktor-faktor yang Memotivasi Mahasiswa Berwirausaha”. Jurnal. Tersedia di http://eprints.undip.go.id ,diunduh pada 10 Juni 2016.
Zimmerer, T.W., & Scarborough, N.M.,(2008). Essential of Entrepreneurship and Small Business Management, Edition 5. New Jersey: Pearson Prentice Hall.